Kenalan sama Macem-Macem Proses Ngolah Biji Kopi

Bacaan 2 menit

Pas lagi asik minum kopi, pernah gak sih pak kepikiran random kaya pengen tau gimana proses ngolah biji kopi sampe jadi secangkir kopi yang sedap untuk di seruput? 

Karna saya udah cari tau, saya mau coba sedikit share nih pak apa aja macem-macem proses ngolah biji kopi sampe jadi siap seduh. Biar makin menikmati deh kalo udah tau macem-macem prosesnya.

Natural process
Natural proses atau dikenal dry process ini jadi salah satu proses ngolah kopi paling tua menurut berbagai sumber yang saya baca. Abis dipanen, ceri kopi bakalan ditebarin di atas permukaan alas plastik yang udah disiapin sambil dijemur di bawah sinar matahari. Sambil dijemur, biji kopi ini harus dibolak-balik berkala biar keringnya rata dan biar gak ngebusuk. Nah, buah kopi yang udah dikeringin ini bentukannya masih buat atau ceri ya. Makanya, proses ini bakal ngebuat ceri jadi terfermentasi natural gitu karna kulit ceri bakal ngelupas sendiri.

Washed process
Salah satu proses yang bisa dibilang wet process ini jadi cara buat ngilangin semua kulit-kulit daging yang nempel di biji kopinya sebelum dikeringin. Washed process biasanya mulai dari panen yang udah milih ceri dan direndem pake air. Kalo ada ceri yang tenggelem, itu justru bakal dipilih buat dilanjutin ke proses selanjutnya pak. Malah kalo yang ngambang justru ini ceri yang bakal dipisahin gitu.

Abis dipisah dan dipilih, kulit luar sama kulit daging yang ada di ceri bakal dibuang pake mesin yang emang khusus buat ngelakuin proses ini. Biji yang udah kekupas ini bakal dibersihin lagi dan masukin lagi ke sebuah tempat macem bejana biar sisa-sisa kulitnya bisa lepas semua dari proses fermentasi tadi. Abis itu, proses fermentasinya nyesuain kebutuhan masing-masing pak.

Honey process
Proses yang bisa disebut juga hybrid process yang prosesnya dimulai dari dikupasnya biji ceri pake mesin mekanis dan pake sedikit air. Mesin tadi bakalan ngendaliin seberapa banyak daging buah yang bakalan tinggal sebelum dijemur. Nah, kulit daging yang masih kesisa ini disebut honey atau madu.

Kok bisa sih ngehasilin madu? Karena prosesnya ada ngehasilin sedikit lendir yang agak lengket di biji kopi. Proses ini yang disebut honeynya, bukan karena di kasih madu lho, pak.  

Pulped natural process
Hampir mirip kaya honey process, pulped natural ini pake lebih banyak air buat ngelepasin kulit sama daging yang ada di biji kopi. Abis dipanen, biji kopi ini langsung dikupas pake mesin. Abis itu, biji kopi mulai dijemur di meja-meja yang emang udah disediain buat ngeringin. Nah, sisa-sisa daginya ini bakal luruh dan ngehasilin tambahan sweetness dan body di kopi.

Tau gak pak, proses ini lebih terkenal di daerah Brazil lho.

Semi washed
Salah satu proses yang mayan terkenal juga di Indonesia nih pak. Jadi, proses ini ngelibatin dua kali pengeringan. Biji kopi yang udah dipanen kulit paling luar ceri kopi ini dikupas pake depulper dan dikeringin sebentar. Proses ini nyisain kelembapan sampe 30-35% sebelum dikupas dsn sampe bener-bener jadi green beans. Abis itu, dikeringin lagi ya pak sampe bener-bener kering buat disimpen dan diolah.

Itu lima macem proses ngolah kopi buat bapak yang pengen tau gimana kopi itu diolah sampe ada di gelas kopi yang ada setiap pagi. Masing-masing proses di atas bakalan punya khas rasa yang beda-beda ya pak.

 

Ditulis oleh:
Nasuha
Bacaan 2 menit
Dilihat :
336

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait