Kenapa Anak Bapak Sebaiknya Belajar Tidur Sendiri dari Kecil

18 May 2022

Ngebiasain anak tidur sendiri dari kecil itu emang gampang2 susah, pak. Awalnya bapak bakal ngerasa khawatir mulu tiap malem. Takut anaknya nangis lah, takut dia mimpi buruk lah. Tapi kalo nggak dibiasain, bapak juga yang repot kalo dia udah gede nanti. Walopun berat, ngebiasain anak tidur sendiri ternyata banyak bener manfaatnya.

 

Biar nggak ketergantungan ama orang tua
Tidur sendiri bisa ngelatih anak jadi mandiri, pak. Dari sana, anak pelan-pelan bakal belajar buat nggak sepenuhnya bergantung atau nempel di bawah ketek orang tua. Mereka juga jadi punya tanggung jawab sendiri, misalnya buat ngeberesin kamar mereka.


Buat ngelatih keberanian anak
Kalo anak ngerasa ketakutan karena tidur sendirian di kamar, jangan diomelin ya, pak. Itu normal. Saya yang udah segede gini aja masih suka takut ahehehe. Tapi lama-kelamaan, kalo udah terbiasa tidur sendiri, mereka pasti bisa ngatasin rasa takut itu dan tumbuh jadi pemberani. Buat ngatasin rasa takut anak, bapak bisa atur kamarnya senyaman mungkin biar dia terbiasa ama suasana kamarnya. Di awal-awal bisa bapak ditemenin dia dulu di kamarnya, nanti kalo udah beberapa hari baru deh minta dia bener-bener tidur sendiri. Kasih juga dukungan penyemangat lewat pujian kayak “Wah kakak keren banget deh sekarang udah bisa tidur sendiri, nggak ditemenin papa”. Nanti, kalo anak udah berhasil nguasain rasa takutnya, rasa percaya dirinya bakal bertambah. Dan itu bagus buat tumbuh kembangnya.


Biar anak paham tentang privasi
Tidur sendiri juga bisa ngajarin anak soal privasi, pak. Pas dia udah gede nanti pasti bakal kepake juga konsep ini. Tujuannya biar si anak tahu kalo selain ada ruang buat dia, ada juga ruang buat orang lain. Terus bapak bisa arahin pelan-pelan deh ke dia kalo menjaga privasi dirinya sendiri dan menghormati privasi orang lain itu penting banget buat dilakuin. 


Biar kualitas tidur orang tua dan anak sama-sama baik 
Anak yang tidurnya masih bareng ama orang tua kemungkinan bakal sering kebangun. Namanya juga pasangan, pak, pasti ada aja kan yang diobrolin di kamar. Kalo volume suara gede dikit, udah deh, si anak pasti langsung melek. Bapak ama istri juga gitu. Tiap anak gelisah atau mimpi buruk pasti otomatis kebangun, jadi kualitas tidurnya nurun. Nah kalo tidurnya dipisah, masing-masing bakal lebih puas dan nyenyak.


Biar tahu kapan jam tidurnya
Tidur sendiri juga bisa ngedidik anak buat disiplin dan tahu, kapan sih waktunya dia masuk kamar dan tidur. Kapan juga waktu dia buat bangun. Kalo dia udah paham, bapak bisa arahin buat konsisten dan ngejadiin itu rutinitas supaya pola tidurnya teratur. 


Tantangannya emang ada banget, pak. Pasti bakal banyak drama-drama nangis dan ngambek perkara nyuruh anak tidur sendiri mah. Kudu sabar banget emang. Tapi ntar kalo dia berhasil yang bangga kan bapak juga hehehe.

 

Ditulis oleh:
Poppy
18 May 2022
Dilihat :
44

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait