Kenapa Bapak Harus Hati-Hati Sekali dengan Emosi Istri Setelah Melahirkan

Bacaan 4 menit

Pernikahan tuh emang tempatnya belajar lebih banyak soal pasangan, perjalanan hidup yang baru, dan segala yang diadepinnya nanti. Buat bapak yang udah nikah, nanti bakal ada masanya masuk ke fase punya anak. Di masa-masa istri yang lagi hamil pasti ada sendiri tuh rintangannya yang bakal diadepin, begitu juga pas istri udah melahirkan, bapak perlu tau gimana emosi yang mereka rasakan, makanya bapak perlu berhati-hati.

Istri bakal lebih sensitif lagi perasaannya

emosional-istri-sensitif

Kalo bapak ngerasa pas lagi hamil istri sensitif banget, kayak apa-apa nangis, marah-marah, atau bahkan gak mau liat muka bapak yang ganteng itu, di fase setelah melahirkan ini justru lebih sensitif lagi. Tekanannya bukan karena dari si dedek yang tadninya di dalem perut lagi, tapi dari lingkungan sekitar. Nah, tugas bapak di sini harus bisa ngasih tau orang-orang sekitar atau bantu istri buat jawab pertanyaan-pertanyaan yang bisa bikin istri terpancing emosinya. Soalnya kata-kata yang dikeluarin orang lain walopun cuma becanda, bisa banget bikin istri berubah mood-nya. Banyak orang yang jengukin juga kemungkinan bakal banyak yang kasih pertanyaan-pertanyaan yang bikin istri jadi sensitif, untuk itu lebih baik perhatiin lagi aja ya pak, biar istri ngerasa ada yang belain dan backup.

Ingin lebih diperhatikan

emosional-istri-perhatian

Karena ada dede bayi sekarang, perhatian orang-orang yang jenguk termasuk keluarga, justru bikin istri bapak sedih. Bayangin aja, istri bapak abis lahiran, badan masih pada sakit, masih harus nyusuin, dan makan teratur padahal mungkin istri bapak pengennya istirahat aja tapi gak bisa, terus orang yang dateng malah gak ada yang nanyain keadaan istri bapak. Atau bapak sendiri yang lupa buat perhatiin istri sendiri karena harus nyiapin kebutuhan si dede, padahal mungkin niat bapak baik biar istri gak repot dan lebih mudah buat ngambil ini itu. Walopun begitu, coba buat tetep usahain ngasih perhatian lebih ke istri pak, misal kalo orang yang jenguk lagi kasih perhatian ke si dede, bapak bisa tanyain keadaan istri atau tanyain mau makan apa nanti. Atau bapak bisa nyiapin alat-alat pendukung buat istri yang abis melahirkan, misal buat pompa ASI-nya, alat pijet kalo dia ngerasa pegel pas lagi nyusuin, dan sebagainya. Kalo bapak bisa kasih perhatian lebih ke istri kayak begini, bukan cuma istri bapak yang seneng, tapi ke anak juga ngaruh.

Gak cukup waktu buat istirahat

emosional-istri-perlu-istirahat

Pak, bayangin dah, istri hamil, abis itu lahiran, terus langsung ngasih ASI 24 jam sambil ngurusin si dede yang baru bisa nangis doang. Kebayang kagak pusing dan capeknya kayak begimana, berasa abis capek kerja terus harus maksain buat kerja lagi, apalagi ngurusin anak tuh gak ada hari libur apalagi cuti. Nah, karena terus-terusan aktivitas gak berhenti ini yang bikin istri bapak kecapean, gak ada waktu buat istirahat bahkan sekedar ke toilet aja si dede nangis nyariin ibunya, istri bapak jadi stress dan ngaruh sama emosinya. Ada baiknya nih buat bapak kasih waktu buat istri istirahat dengan gantian jagain si dede atau nemenin istri buat nyusuin si dede kalo istri udah ngantuk berat, bapak bisa jadi sandaran ternyaman istri buat nyusuin dan bisa sekalian jagain biar si dede juga dapet ASI yang dia mau. Manusia pan emang perlu istirahat pak, begitu juga istri bapak. Bersyukurnya sekarang bapak udah bisa ajuin cuti buat nemenin istri pasca lahiran, biar bisa lebih fokus ke istri dan anak bapak yang baru lahir.

Stress karena perubahan yang signifikan di hidupnya

emosional-istri-perubahan-hidup

Punya anak tuh emang salah satu anugerah yang indah banget buat yang udah berumah tangga, tapi anak juga yang bakal bikin hidup bapak dan istri bener-bener berubah, terutama istri. Sebelum nikah dan punya anak mungkin istri bapak adalah orang yang ngejaga banget bentuk badan tapi setelah melahirkan justru berubah total, atau sebelum punya anak istri bapak seneng banget main sama temennya tapi setelah punya anak semua jadi terbatas. Kadang hal-hal kayak gini ngaruh banget ke emosi istri, mereka akan berpikir kalo hidupnya bener-bener berubah, gak seseru sebelum punya anak, atau gak bisa lagi ngerasain hal-hal sebelum punya anak. Bapak perlu tau kalo yang kayak begini tuh sering banget ngeganggu pikiran istri, kalo istri banyak pikiran pasti ngaruh juga sama kualitas ASI. Solusinya, bapak perlu kasih paham dan negesin kalo istri bisa ngelakuin semua hal yang dia mau walopun gak bisa 100% sama kayak dulu, tapi bisa nambah kebahagiaannya karena ada si dede. Bapak juga bisa kasih kesepakatan sama istri, misal sebulan sekali kasih free-day buat istri me time dan ngebiarin si dede diasuh bapak seharian biar istri gak jenuh.

Gak punya tempat sharing

emosional-istri-kesepian

Kebanyakan dari perempuan yang abis melahirkan dan punya anak, pasti ngerasain rasa kesepian yang luar biasa. Soalnya dari si dede lahir dan seterusnya istri pasti gak bisa kemana-mana dan minim sekali bersosialisasi, ini yang bikin istri bapak ngerasa kesepian dan gak punya temen buat berbagi. Walopun bapak bisa dijadikan temen berbagi 24 jam, tapi tetep aja bapak gak bisa 100% paham apa yang istri rasain kayak perempuan-perempuan pada umumnya. Kalo istri bapak ada di fase ini, coba buat buka diskusi sama temen bapak, mau itu sesama bapak atau temen perempuan bapak yang udah ngalamin hal yang sama, tujuannya biar bapak bisa paham apa yang harus bapak lakuin kalo istri lagi berada di fase ini. Bapak juga bisa kasih masukkan sesuai pengalaman temen-temen bapak yang udah diajak diskusi tadi dan bisa pahamin istri lebih dalem lagi.

Intinya mah pak, kalo udah punya anak jangan sampe istri bapak doang yang capek ngurusinnya, bapak juga harus nyiapin waktu dan ilmu yang cukup biar bisa selalu dampingin istri dan anak.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 4 menit
Dilihat :
309

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait