Kenapa Bosen Adalah Hal Yang Baik Buat Adik

Bacaan 2 menit

Rasa bosan biasanya muncul karena kita melakukan suatu aktifitas secara repetitif. Tapi ternyata lebih dari itu, bisa jadi adik kagak puas dengan aktifitas yang adik lakukan. Jadinya merasa bosan. Tapi ternyata, rasa bosan adalah hal yang baik. Ini biar saya kasih tau penjelasannya,

Bosan itu nge-trigger kreatifitas

Jadi pernah ada studi, beberapa orang dikasih tugas random yang membosankan banget: mereka disuruh baca Yellow Page! (itu buku telpon yang tebel itu, buat adik-adik yang kagak tau), abis baca, mereka diadu kreatifitasnya. Mereka disuruh mikir gelas plastik kira-kira bisa jadi apaan aja, dan hasilnya orang-orang yang dikasih tugas membosankan jauh lebih kreatif.

Kreatifnya gak cuman hal-hal yang seru doangan, dik. Bisa sampe kreatif dalam proses problem solving juga. Pengalaman pribady saya, solusi-solusi dari orang yang bosen biasanya juga lebih ringkas dan masuk akal.

Bosan bisa bikin adik jadi bijaksana

Pas adik lagi bosan, adik bisa mikir-mikir jawaban dari pertanyaan-pertanyaan mendalam seperti, apa sih arti hidup ini? Apakah ada hidup yang sempurna? Apakah kebahagiaan hanya bahan kebahagiaan yang mengalir melalui otak atau sesuatu yang lebih dari itu? Kenapa ada manusia kayak Dayat yang bisa makan siomay sehari 3x?

Bosan bikin adik jadi orang baik

Ada riset yang bilang bahwa alasan sebagian besar orang yang jadi relawan atau orang ikutan donor darah, sesederhana karena mereka punya banyak waktu luang dan sedang bosan. Keren yah, mengubah rasa bosan jadi sesuatu yang baik.

Kesimpulannya adalah ijinkan diri adik mengalami dan menjalani rasa bosan, karena jika dilakukan dengan benar, banyak banget manfaatnya. Ketika adik lagi nunggu, ketika adik melakukan hal-hal yang repetitif, atau melakukan hal-hal yang membosankan lainya, di-embrace aja dik! Rengkuh! Jangan malah maen enpon, scroll-scroll ora danta. Itulah kenapa rasa bosan adalah hal yang baik.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
80

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait