Langkah-langkah Yang Mesti Bapak Lakuin Kalo Henpon Bapak Ilang

Bacaan 2 menit

Kehilangan henpon emang bisa bikin mangkel, pak. Entah itu karena keteledoran bapak sendiri atau karena ada orang jahat yang nyopet hape bapak. Ketika kehilangan henpon, kuncinya adalah jangan panik, bapak harus bisa berpikir secara jernih dan langsung ambil langkah. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan ketika kehilangan handphone,

Blokir nomer kartu SIM bapak

Ini hal pertama yang harus bapak lakukan kalo kehilangan hape, karena khawatirnya nanti banyak yang menyalahgunakan kontak yang ada pada hape bapak. Dan juga biasanya nomer bapak udah tersambung sama aplikasi penting kek m-banking, e-commerce, dan sejenisnya. Bapak bisa langsung hubungi provider nomer bapak biar diurusin dan mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Hubungi dan Lapor Pihak Berwajib

Selain provider operator, bapak bisa hubungi pihak bank. Buat ngeblokir akses dari m-banking atau aplikasi bank yang ada di hape bapak. Bapak juga bisa lapor ke costumer service platform e-commerce biar akun bapak segera diamankan biar data dan privasi bapak tetep aman.

Pake fitur Find My

Bapak bisa pake fitur ini buat ngelacak atau ngeblokir henpon bapak yang ilang,

Kalo hape bapak Android bisa pake fitur Find My Device dari Google, cara makenya begini pak, Pastiin hape Android bapak yang ilang : 

  • Memiliki daya
  • Terhubung sama akun Google
  • Punya koneksi, baik itu data seluler atau Wi-Fi
  • Masih login ke akun Google Play
  • Fitur Location Service dalam kondisi aktif
  • Fitur Find My Device telah diaktifkan

Kalo bapak pake 2-step verification, bapak bisa ke 2-step verification backups

Kalo henpon bapak iPhone, bapak bisa pake fitur Find My iPhone, langkah-langkahnya sebagai berikut,

  • Bapak bisa ke website https://www.icloud.com/find
  • Terus bapak bisa login akun iCloud bapak
  • Nanti bakal ada pilihan devices, bapak pilih iPhone. Kalo dia available, nanti bakal muncul peta yang nunjukin lokasi iPhone bapak.
  • Bakal ada pilihan Mark as lost, bapak pencet terus ikuti petunjuk di layar buat memasukkan nomor telepon dan pesan ke hape bapak yang ilang. Tapi hape bapak yang ilang mesti ada koneksi internetnya pak.
  • Kalo bapak pikir iPhone bapak udah kagak bakal balik, bapak bisa pilih Erase this device. Tapi tenang pak, bapak masih bisa lacak iPhone bapak, dan kalau nantinya ketemu bapak bisa restore dari backup yang udah pernah bapak simpen sebelumnya.

Ganti semua password aplikasi dan sosial media 

Mulai dari email, facebook, instagram, tiktok, dan berbagai aplikasi lainnya yang udah ke-install di henpon bapak yang ilang. Bapak bisa ganti semua passwordnya dan bikin two factor authentication yang baru. Berangkat dari akun pribadi terus ke akun buat pekerjaan bapak, pastiin kagak ada yang keliwat, pak. 

Sounding ke keluarga, kerabat, kolega dan teman-teman

Bapak musti ngasih tau kalo hape bapak ilang, jadinya kalo ada oknum tidak bertanggung jawab yang berusaha ngehubungin kontak yang ada di hape bapak yang ilang, mereka tau bener kalo itu bukan bapak yang ngehubungin.

Sekali lagi bapak harus memastikan gaada yang kelewat. Semoga langkah-langkah yang harus dilakukan ketika kehilangan handphone ini bisa membantu ya, pak. Kalo bapak pernah mengalami dan mau nambahin, silahken.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
34

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait