List Beasiswa dari Pemerintah yang Bisa Adik Ikutin di Tahun 2024

Bacaan 4 menit

Pengen ngelanjutin jenjang pendidikan yang lebih tinggi emang butuh uang yang gak sedikit, dik. Tapi pemerintah udah sediain beberapa beasiswa yang bisa adik ikutin, kali aja diantara list beasiswa ini emang rejeki adik buat dapet. Lumayan dik, soalnya bukan cuma UKT (Uang Kuliah Tunggal) aja yang di cover, dana transportasi, dana bulanan, dana asuransi kesehatan, sampe dana tunjangan buku juga dapet.

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

beasiswa-BPI

Beasiswa ini kerja sama dengan Kemendikbudristek (Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi). Biaya yang ditanggung beasiswa ini diantaranya ada biaya SPP, pendaftaran, tunjangan buku, bantuan penelitian, seminar internasional, sama publikasi jurnal internasional. Ada juga dana pendukung lain kayak dana aplikasi visa, asuransi kesehatan, kedatangan, bulanan, dana darurat, sampe tunjangan keluarga. Nah, di beasiswa ini ada beberapa jenis, soalnya mereka gak cuma nyediain buat jenjang S1 doangan, tapi ada jenjang S2 sama S3 juga.

Jenjang S1

Buat calon Guru SMK (dalam negeri), pelaku Budaya (dalam negeri), Indonesia Maju (dalam dan luar negeri). Daftar beasiswa S1 ini udah pasti diperuntukkan buat warga negara Indonesia yang udah diterima di perguruan tinggi, mau itu di dalem negeri atau di luar negeri dengan Letter of Acceptance (LoA) yang udah valid. Selain itu juga kudu udah nyelesain pendidikan di tingkat SMA/SMK ya dik, plus ijazah dan transkrip nilai.

Jenjang S2

Buat calon Dosen (dalam negeri), Dosen Vokasi (dalam dan luar negeri), Pendidik (dalam dan luar negeri), Pelaku Budaya (dalam dan luar negeri), Indonesia Maju (dalam dan luar negeri). Kalo di beasiswa ini, adik kudu udah nyelesain pendidikan S2 atau setara dan udah megang ijazah serta transkrip nilai. 

Jenjang S3

Buat dosen Akademik/Vokasi (dalam dan luar negeri), Pendidik (dalam dan luar negeri), Joint Degree, Pelaku Budaya (dalam dan luar negeri). Nah, di jenjang ini adik harus udah punya gelar S2 sesuai jurusan yang adik pilih sebelumnya dan punya pengalaman kerja sebagai dosen atau bidang pendidikan lainnya.

Kalo persyaratan umumnya dari beasiswa ini sih palingan adik tinggal siapin aja KTP asli, LoA sebagai tanda diterima di perguruan tinggi dalam atau luar negeri, ijazah sama transkrip nilai terakhirnya, dan sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang udah diakui sama PBB dengan skor minimum yang udah ditentuin. Ada juga persyaratan khusus yang mungkin bakal diminta, kayak surat keterangan sehat (gak lebih dari 6 bulan), surat pernyataan komitmen buat jadi guru di tingkat pendidikan tertentu, sama dokumen pendukung kayak surat rekomendasi dari lembaga terkait, sertifikat prestasi, atau pengalaman kerja yang relevan.

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

LPDP-Kemenkeu

Kalo beasiswa LPDP ini khusus buat adik yang mau lanjut S2 dan S3. Penyelenggaranya sendiri dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia baik dalam atau luar negeri. Adik bisa liat jadwal lengkapnya di lpdp.kemenkeu.go.id ada tiga program beasiswa LPDP yang dibuka di tahun 2024 ini.

  • Program umum, terdiri dari beasiswa reguler, beasiswa perguruan tinggi utama dunia, dan beasiswa parsial.
  • Program targeted, diantaranya beasiswa PNS, TNI, Polri, beasiswa kewirausahaan, beasiswa pendidikan kader ulama, dan beasiswa dokter spesialis dan subspesialis.
  • Program afirmasi, seperti beasiswa penyandang disabilitas, beasiswa putra-putri Papua, beasiswa daerah afirmasi, beasiswa pra sejahtera.

Buat persyaratan umum beasiswa ini agak banyak dik, adik mending liat langsung aja di lpdp.kemenkeu.go.id biar lebih lengkap dan jelas.

Beasiswa Bank Indonesia

Bank-Indonesia

Beasiswa ini dikasih pemerintah buat mahasiswa jenjang S1 di bawah binaan Bank Indonesia. Biaya yang ditanggung beasiswa ini diantaranya ada biaya kuliah, tunjangan hidup, akses bergabung ke komunitas Beasiswa BI sampe pelatihan dari Bank Indonesia. Ada dua jenis beasiswa, ada beasiswa unggulan sama beasiswa reguler. Beasiswa unggulan adalah beasiswa yang dikasih ke PTN yang kerjasama dengan BI. Sedangkan beasiswa reguler, yang dikasih ke PTN/PTS/SMK vokasi hasil kerjasama dengan BI lewat proses pengajuan sebagai penerima beasiswa.

Buat persyaratan umumnya sendiri, calon penerima beasiswa kudu mahasiswa atau siswa aktif jenjang D3, D4, dan S1, plus gak lagi cuti akademik. Adik juga harus udah selesain 40 SKS (S1) atau 24 SKS (D3) atau juga semester 2 (SMK Vokasi). Buat IPK-nya sendiri minimal 3 dari skala 4. Usia adik juga gak boleh lebih dari 23 tahun pas nerima beasiswa ini. Selain itu juga adik gak lagi nerima bantuan beasiswa di lembaga lain, punya pengalaman kegiatan sosial, mau ikut aktif ngelola serta ngembangin komunitas penerima beasiswa BI dan berpartisipasi di kegiatan Bank Indonesia. Oh iya, beasiswa ini mengutamakan calon siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, dik.

Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek

kemendikbudristek-beasiswa

Beasiswa ini dikasih pemerintah lewat Kemendikbudristek buat yang mau ngelanjutin pendidikan ke jenjang S1, S2, dan S3 mau itu di dalam atau luar negeri. Biaya yang di cover-nya sendiri ada biaya pendidikan, biaya hidup, biaya transptortasi sampai biaya buku. Ada empat program beasiswa yang dikasih nih.

  • Beasiswa Masyarakat Berprestasi, buat jenjang S1, S2, dan S3
  • Beasiswa Pegawai Kemendikbud-Ristek, buat jenjang S2 sama S3
  • Beasiswa Penyandang disabilitas, buat jenjang S2 sama S3
  • Beasiswa Penghargaan, yang dikasih ke anak kandung dari orang tua yang gugur saat menjalankan tugas negara.

Persyaratan beasiswa ini sendiri, pertama status adik harus PNS di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Terus adik diusulkan sama pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan dapet persetujuan Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian, dapet rekomendasi pimpinan, punya penilaian kinerja minimal baik, dan berkomitmen buat pertahanin indeks prestasi semester minimal 3,25 di program Magister (S2) sama Doktor (S3)

Beasiswa Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)

beasiswa-kominfo

Kalo beasiswa ini dikasih lewat Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia buat jenjang S2 di dalam maupun luar negeri. Nah, beasiswa ini terbuka buat PNS, anggota TNI/POLRI, masyarakat umum non-PNS, sampe pegawai swasta atau pelaku start up lokal juga. Buat persyaratannya sendiri adik harus WNI, usia maksimal 45 tahun, lulus S1/D4, minimal IPK 3.00 dari 4.00, latar belakang pendidikan di bidang teknologi informasi dan komunikasi, pengalaman kerja minimal 2 tahun, gak lagi ngejabat fungsional dosen, dan ngelampirin rencana tesis yang disusun dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

beasiswa-KIP

Kalo beasiswa ini udah sering didenger pasti, soalnya beasiswa KIP ini dulu namanya beasiswa bidikmisi. Beasiswa ini ditujukan buat yang lulus SLTA dari keluarga kurang mampu yang pengen ngelanjutin ke jenjang D2, D3, D4, dan S1. Biaya yang ditanggung beasiswa ini meliputi biaya kuliah, biaya hidup, dan kebutuhan studi lainnya. Seleksinya juga lumayan bertahap, ada Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) dan jalur mandiri, juga seleksi masuk perguruan tinggi swasta, mau itu perguruan tinggi akademik atau vokasi. Lebih lengkapnya adik bisa akses di kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Ada banyak cara dik buat lanjutin sekolah, tinggal kemauannya aja gede apa kagak. Soalnya kalo ngeliat kesempatannya banyak bener beasiswa yang dibuka.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 4 menit
Dilihat :
100

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait