Makanan-makanan Indonesia yang Ternyata Fusion dari Luar Negeri

Bacaan 2 menit

Kalo ngomongin soal makanan, siapa sih yang kaga suka? Tapi bapak tau gak sih dari banyaknya makanan yang udah ada di Indonesia dari jaman dulu, beberapa makanan Indonesia ternyata Fusion dari Luar Negeri. Nih pak biar saya kasih tau makanan apa aja yang ternyata Fusion dari Luar Negeri,

Selat Solo

Jadi ceritanya dulu di Keraton Solo, Raja mau ketemu ama Gubernur Belanda, ternyata mereka punya perbedaan selera makanan. Orang Belanda ini pengennya makan daging-dagingan ala steak gitu. Sedangkan sang Raja yang orang Jawa Tulen pengen makan nasi sama sayur. Akhirnya dikompromiin sama koki istana, dan lahirlah Selat Solo. Makanan ini gabungan antara daging, wortel, kentang, buncis, telor dan kuah kecap pake rempah-rempah. Pengaruh selera Jawa berasal dari penggunaan kecap manis, sedangkan pengaruh Belanda bisa diliat dari penggunaan mayones pada makanan ini. 

Bakpia Pathuk

Makanan yang dikenal sebagai makanan khas Yogyakarta ini mempunyai nama asli Tou Lok Pia. Yang artinya kue isi daging dalam bahasa Hokkien. Bakpia ini dibawa sama orang keturunan Tionghoa yang bernama Kwin Sun Kwok pada tahun 1940-an. Dulunya bakpia make minyak babi dan daging babi. Tapi dimodifikasi sama orang Yogyakarta jadi pake isian kacang ijo dan dibuang minyak babinya. Jadilah Bakpia Pathuk yang kita kenal sekarang.

Martabak Telor

Makanan ini pertama kali dibawa sama orang India ke Tegal pada tahun 1935, namanya Pak Abdullah. Awalnya murtabak khas India cuman pake kulitan sama isian daun bawang. Karena orang-orang Indonesia pada kreatip, martabak dimodifikasi pake tambahan telor dan isiang daging biar kaga ambrol pas dimakan. Jadilah makanan khas yang dipake buat bertamu ke rumah mertua yang kita kenal sampe sekarang. Adik-adik salim dulu gih ke Pak Abdullah.

Semur

Lagi-lagi makanan dari Kumpeni. Semur berasa dari kata Smoor yang artinya direbus. Biar gampang, orang-orang Indonesia bilangnya Semur. Masakan ini awalnya cuma rebusan daging, tomat dan bawang. Rempah-rempah dan kecap manis belakangan ditambah ke semur biar sesuai dengan selera lokal. Sampai saat ini, semur jadi banyak banget variasinya, mulai dari semur daging, semur ayam, sampai semur jengkol kedemenan Pak Yarman.

Opor Ayam

Makanan yang sering banget ditemui ini merupakan perpaduan dari Kari India dan Gulai Arab. Masakan Timur Tengah banyak yang memakai susu atau yoghurt biar makanannya jadi lebih gurih. Di Indonesia, susunya diganti pake santen, akhirnya lahirlah si Opor Ayam. Jaman dulu Opor Ayam merupakan makanan yang biasa disajikan buat masyarakat biasa, karena orang kerajaan biasanya makan daging dan masyarakat biasa pengen juga makan kayak mereka, tapi dagingnya diganti jadi ayam. Opor Ayam ini udah jadi makanan wajib buat lebaran hari pertama dan kedua.

Jadi itu pak beberapa makanan Indonesia yang ternyata Fusion dari luar negeri. Walaupun udah ada sejak jaman dulu, ternyata emang makanan ini mempunyai pengaruh dari budaya dari luar Indonesia. Tapi itulah yang bikin menarik, pak. Jadinya beragam banget makanan yang ada di Indonesia.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
371

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait