Manfaat Balance Bike yang Lagi Ngetren Buat Anak Bapak

Bacaan 2 menit

Balance bike itu apa sih? Kok rame banget? Jadi pak, Pushbike atau Balance bike adalah sepeda keseimbangan yang desainnya tanpa menggunakan pedal dan beroda dua. Biasanya sepeda ini dipake buat anak mulai dari usia 2 tahun. Balance bike ini lagi ngetren dan happening banget di karena banyak banget manfaatnya, diantaranya adalah,

Melatih Kesehatan Fisik Anak

Balance bike ini mengandalkan fisik anak bapak, jadinya anak bapak mendapatkan latihan kardiovaskular, kekuatan, dan melatih koordinasi dan keseimbangan. Dengan bersepeda rutin menggunakan balance bike, berat badan anak bapak akan terjaga dengan baik dan mengurangi resiko obesitas.

Mengembangkan Kemampuan Motorik Anak

Mengendarai balance bike juga melatih anak bapak untuk mengembangkan kemampuan motoriknya. Beberapa diantaranya adalah keseimbangan, koordinasi dan kecerdasan spasial (spatial awareness).

Mengembangkan Kognitif Anak

Perkembangan kognitif anak bapak juga akan meningkat karena melibatkan kemampuan pengambilan keputusan (decision-making) dan penyelesaian masalah (problem-solving). Contohnya, anak bapak udah jago nih make balance bike. Nanti anak bapak akan lebih baik memilih jalan mana yang mau dilewatin, tau kapan harus berhenti dan menghindari rintangan (contohnya cone yang ada di jalur balance bike).

Melatih Rasa Percaya Diri pada Anak

Menguasai cara mengendarai balance bike akan memberikan mereka sense of accomplishment, yang mana akan mendorong rasa percaya diri dalam anak. Nantinya anak bapak akan lebih pede milih jalur yang lebih susah.

Melatih Interaksi Sosial

Sepedaan ini juga bisa jadi aktifitas sosial. Ketika anak bapak mengalami kesulitan dalam bersepeda, pasti dia nanti bilang ke bapak. Apalagi kalau anak bapak ikut komunitas balance bike atau sepedaan sama temennya. Jadinya anak bapak bakal punya kesempatan untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasinya. Bisa jadi anak bapak jadi lebih semangat juga karena ada temen baru di komunitas. 

Family Bonding

Kalopun melakukan kegiatan ini ga sama temen, bapak dan istri bapak bisa menemani anak bapak. Jadinya anak bapak dapet quality time sama bapak dan istri, menciptakan banyak kenangan indah dan memperkuat ikatan keluarga. Mantap.

Tapi perlu diingat juga pak, jangan lupa safety anak bapak saat mau melakukan kegiatan balance bike ini. Bapak harus mengajarkan pentingnya pake helm, mengajari keselamatan berkendara, dan memastikan mereka sudah berada di area atau track bermain yang benar. Semoga bermanfaat ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
23

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait