Memulai olahraga bikin bapak ini makin harmonis sama istri

Bacaan 2 menit

Sebut saja Pak Fulan, usia 56 tahun dengan berat badan 109kg memutuskan untuk rajin olahraga (yang pasti bukan bapak yang ada di foto yak, itu kan thumbnail aja xixi), saat ini hubungan dengan istrinya menjadi lebih harmonis dan kualitas hidupnya meningkat, gimana tuh ceritanya? Bakar sate pake areng, yok kita simak bareng-bareng~~~

Berawal dari obesitas, pengapuran sendi, dan hipertensi

Iyah betul. Pak Fulan sesuai ciri ciri di atas ternyata juga punya keluhan pengapuran sendi (osteoarthritis) dan juga hipertensi udah hampir 20 tahun lamanya. Lututnya tuh sakit kalau dipakai jalan apalagi kalau permukaan jalannya nggak rata terus nggak pake sepatu empuk, nyut nyutan dah tuh lutut. Kalau dipakai jalan juga pincang, keliatan banget ada masalah sama kakinya, sholat juga kudu duduk karena sakit lututnya. Udah beberapa lama ini konsumsi obat yang berkaitan sama kondisi lutut dan juga hipertensinya.

Kira kira akhir Juli 2022 saya ketemu tuh sama Pak Fulan. Kebetulan kan saya kuliah fisioterapi sambil nyambi kerja sebagai personal trainer yak, dia minta tolong buat bantu program latihan dan program nurunin berat badannya. Tapi saya juga liat dari sudut pandang bahwa dia tuh ada "hal unik" di badannya jadi nggak bisa asal bikin program latihan kayak orang pada umumnya. Apalagi disamain kayak anak muda yang emang demen olahraga yak. Ngeri ngeri sedap sih pas bikin programnya, itu butuh waktu sekitar 1 bulan buat cari referensi lebih dalam dan saya barengin tuh sama sholat istikharah biar hasilnya bukan murni otak saya tapi dibantu juga sama Yang Maha Kuasa.

Di kasus ini, privilege yang beliau punya adalah 

  • Punya menantu dokter
  • Ada alat olahraga yang memadai di rumah
  • Ada kolam renang di rumah dan beliau demen renang

Kita gabungin semua sumber daya yang ada. Saya sebagai coach bantu bikin program latihan dan rekomendasi pola makan, menantu dokter bantu perihal obat obatan dan ngawasin olahraganya juga, alat olahraga yang ada di rumah dan hobi renangnya kita maksimalin buat bantu progress lutut dan juga hipertensinya

Pas kondisi awal awal nih, yang relatif parah kondisinya, berenang ngebantu banget buat lutut Pak Fulan ini soalnya mayoritas otot yang ada di kaki tuh kepakai pas renang. Tapi kan kita manusia yak kagak hidup di air, mau gak mau kudu berprogress dengan ditambah gerakan latihan dengan alat olahraga lainnya dan juga buat ngebantu aktivitas jalan kaki dalam keseharian nantinya. Saya juga ikut ngebantu memilih sumber makanan apa sih yang bisa menunjang kesehatan lutut dan dietnya Pak Fulan.

Nggak sampai dua bulan tiba tiba pas kita lagi latihan beliau cerita kira kira begini
"Mas, saya bersyukur banget sholat udah bisa normal tanpa kursi, jumatan juga bisa jalan kaki ke mesjid tanpa ada kendala di lutut, waktu itu saya juga sempet jadi imam sholat mas"

Di kesempatan lain beliau sempet minta jadwal latihan diundur dulu karena ada kegiatan. Pas latihan saya tanya
"Pak, tadi habis dari mana ya?"

Dan jawabannya adalah....

"Habis nemenin istri jalan jalan"

Ajib banget dah usia udah di atas 50 tahun dibantu olahraga bisa jalan jalan lagi nemenin istri, so sweet banget beliau ini. Widih widih widih Alhamdulillah pak itu saya bantu beliau 100% dari olahraga aja kagak ada obat obatan dan suplemen apa apa. Emang kagak ada kata terlambat untuk memulai olahraga biar kualitas hidup meningkat dan memperbaiki keharmonisan rumah tangga ^_^

Tunggu apa lagi pak? ayo kita mulai dan rutinkan olahraga!

Ditulis oleh:
Muhammad Samudra Anugrah
Bacaan 2 menit
Dilihat :
260

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait