Tanda-Tanda Kalo Bapak Stres

31 Oct 2022

Stres bisa muncul karna ada reaksi tertentu di badan kita. Kalo saya sendiri, biasanya stres itu karna lagi ada tekanan, ngadepin ancaman, atau sesuatu yang baru buat saya sendiri. Kondisi lainnya yang ngebikin saya ngalamin stres itu pas lagi gugup, kesel karna sesuatu, marah, atau lagi ngerasain gugup. 

Ada beberapa tanda yang muncul di saya kalo lagi ngalamin stres nih, pak.

Jam tidur berantakan
Hal yang paling keliatan pas kondisi badan saya lagi kurang baik dan tandanya stres itu bisa keliatan dari jam tidur yang berantakan. Normalnya, saya tidur itu di antara jam 9 atau jam 10 malem yang bangun di jam 5 pagi. Kalo saya lagi stres, biasanya bakal tidur di atas jam 12 malem dan ngebikin pola tidur di hari besokannya jadi lebih berantakan. 

Susah konsentrasi
Selain jam tidur yang berantakan, stres juga sering ngebikin saya jadi lebih susah konsentrasi dalem hal apa pun. Misal pas lagi kerja, susah banget buat ngerti brief yang lagi dijelasin. Bahkan, bisa ngebikin saya bengong dan enggak nyambung. Kurang konsentrasi juga bikin saya jadi enggak percaya diri sama hal yang biasanya bisa dilakuin. Ngobrol suka enggak nyambung, suka bingung, dan ragu-ragu pas ditanya sesuatu juga.

Gampang emosi
Yang paling sering diliat akibatnya kalo lagi stres yaitu suka gampang emosi dan marah-marah. Iya, emosi kita jadi gampang berubah. Kalo kata anak sekarang mood swing. Hal itu suka ngebikin saya gampang gelisah, bingung, suka ngindarin orang lain, depresi, sama susah ngendaliin diri. Biar enggak gampang emosian, yuk jangan lama-lama stresnya, pak.

Sering lemes sama ngerasa pusing
Enggak cuma soal kondisi non fisik, pas saya lagi stres kondisi fisik juga bakalan terpengaruh. Kalo saya, hal yang sering dirasa pas lagi banyak pikiran, banyak tekanan itu ngerasa badan lebih lemes enggak ada gairah buat ngelakuin sesuatu. Bahkan, juga lebih sering ngerasa pusing padahal kagak lagi sakit.

Badan jadi lemes dan pusing ini juga gara-gara pas stres saya punya pola tidur yang berantakan. Entah itu gara-gara tidur yang terlalu larut atau karna durasi tidur yang kurang.

Muncul jerawat
Muncul jerawat sebenernya bisa disebabin sama banyak faktor. Tapi, saya sendiri kalo lagi stres yang berkepanjangan udah bakal keliatan banget ada perubahan fisik yang berubah terutama di bagian muka. Emang sih dari yang saya baca, stres bukan jadi penyebab utama munculnya jerawat. Tapi, stres justru bisa bikin jerawat yang muncul jadi makin parah dan bikin saya jadi enggak pede.

Makanya pak, jangan sampe ngeremehin keadaan pikiran dan fisik kita sendiri ya. Kalo lagi ada di kondisi yang ngarah ke stres, coba istirahat sebentar pak. Jangan sampe stresnya jadi berkepanjangan dan bikin banyak tanda-tanda lain di diri kita sendiri. Yuk, lebih aware sama apa yang lagi bapak rasain juga.

Ditulis oleh:
Nasuha
31 Oct 2022
Dilihat :
51

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait