Pohon-Pohon yang Gak Cocok Ditanam di Perumahan Sekitar Rumah Bapak

Bacaan 2 menit

Udah masuk masa-masa suka sama taneman belum pak? Kalo udah pasti tiap weekend udah nyiapin taneman-taneman yang mau ditanem sekitaran rumah. Tapi udah tau belum kalo ada taneman yang gak cocok buat ditanem di perumahan.

Ketapang Kencana

Sempet jadi tren di kalangan pencinta taneman dan sering dipake buat jadi pohon peneduh, ternyata pohon Ketapang Kencana ini akarnya lumayan ganggu kalo udah tumbuh besar. Kalo bapak suka liat sering ada kerusakan paving block, teras rumah, sampe septic tank penyebabnya bisa jadi karena taneman ini yang akarnya tumbuh di atas permukaan tanah. Belum lagi daunnya yang cepet berguguran, jadi nambah PR buat bersih-bersih sekitar rumah.

Pohon Pepaya

Pohon lainnya ada pohon papaya. Pohon ini akarnya bisa sampai ngejebolin pondasi atau tembok rumah bapak. Ngebayanginnya aja ngeri ya pak. Selain itu juga pohon ini gampang banget tumbuhnya terutama pas musim ujan. Makanya hati-hati deh kalo mau buang sembarangan biji papaya.

Pohon Mangga

Di sekitar perumahan mungkin pohon ini yang masih sering ditemuin. Walopun gak ganas kayak pohon papaya tadi, bapak tetep perlu kasih jarak sekitar 4-5 meter dari pohon mangga ke sekitaran bangunan yang ada di sekelilingnya.

Pohon Kelor

Sering liat pohon kelor tumbuh di sembarang tempat? Gak usah heran karena pohon ini pertumbuhannya ngebut bener kayak angkot Parung. Akarnya juga terbilang ganas karena bisa bikin septic tank, pager rumah, tembok, sampe kolam ikan jebol. Walopun taneman ini banyak kegunaannya, tapi coba dipikir ulang biar gak nyesel dikemudian hari.

Pohon Pisang

Sama kayak pohon kelor yang sembarangan tumbuh dimana-mana, pohon pisang ini masalahnya ada di tunas pohon barunya yang suka muncul dan arahnya semau dia. Karena pohon pisang ini tumbuhnya berumpun, jadi bisa melebar dan ngejebolin tembok kalo udah banyak.

Kalo punya pohon sendiri emang enak ya pak, selain sekitaran rumah jadi teduh, bapak juga bisa panen buah-buahaannya. Tapi kalo sembarangan ditanem takutnya malah jadi amsyong, jadi lebih bijak lagi yak.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
81

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait