Profesi yang Bisa Bantu Bapak Biar Gak Kewalahan Ngurus Bisnis di Tahun 2023

Bacaan 2 menit

Udah mau 2023 nih, gimana bisnisnya, Pak? Biasanya, menjelang pergantian tahun gini Bapak yang punya bisnis pasti udah mulai bikin target atau strategi baru ya?

Tapi, seperti masalah para pebisnis lainnya, mau hire karyawan baru kok rasanya maju mundur. Sementara buat ngerjain semuanya sendirian, kok kaya ga mungkin gitu. Apalagi kalo bisnis Bapak masih kehitung baru netes. Pasti galau bener.

Nah, Bapak bisa kenalan sama profesi nyang namanya Virtual Assistant atau VA nih, Pak. Ehtapi, VA ini beda ya sama bot2 atau mesin gitu. Biar gak bingung, saya mau sharing nih soal VA ini, Pak.

 

Sesuai namanya, VA ini kerjanya secara remote atau work from anywhere gitu, Pak. Mangkanya disebut virtual. Kalo dari kerjaannya sih cukup beragam, bisa Bapak sesuaiin aja sama kebutuhan Bapak atau perusahaan.

Yang paling umum, ada VA yang kerjanya ngurus administrasi atau kesekretariatan. Tapi ada juga VA yang kerjanya ngurus book keeping, customer service, copywriting, social media manager, bahkan sampe Human Resources (HR). Mantap banget kan, Pak?

 

Trus apa untungnya pake VA dibanding hire karyawan biasa?

Yang pertama, udah pasti lebih hemat waktu dan bikin kerjaan lebih ringkes. Apalagi kalo Bapak mesti ngerjain administrasi juga, strategi juga. Nah, kerjaan2 yang sifatnya administrasi ini bisa Bapak oper ke VA. Dari mulai urus jadwal pribadi, ngerespon email, dan tugas2 lainnya.

Bapaknya ngapain? Ya kerjain yang sifatnya strategis dan gak bisa dioper. Kek misal mikir pengembangan bisnis dan hal-hal penting lainnya.

Yang kedua, udah pasti lebih hemat biaya. Bahkan ada yang namanya General VA. Nah, dia bisa handle kerjaan 2-3 orang sekaligus. Kan mantep banget ya, Pak. Jadi biaya yang Bapak keluarin bisa jauh lebih hemat dong.

 

Meski belum terlalu marak di Indonesia, jasa VA ini sebenernya udah mulai tren juga di banyak negara. Bahkan banyak CEO start-up, influencer, sampe perusahaan yang mulai pakai jasa VA ini. Kaya misalnya Pak Michael Seibel, CEO Y Combinator sama Pak Daniel Odio, CEO Armory. 

quote

Nah gimana, Pak? Tertarik buat hire VA atau malah kerja jadi VA? Ehehehe

Ditulis oleh:
Runa Aviena
Bacaan 2 menit
Dilihat :
242

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait