Rekomendasi Buku buat Bapak yang Tertarik jadi Entrepreneur

24 Jun 2022

Kalo mau jadi entrepreneur sukses, kagak cuma butuh tekad aja, pak, tapi juga butuh kemampuan buat mikir kreatif dan inovatif. Saya punya nih beberapa rekomendasi buku mantep yang bisa ngebantu ngasih pandangan ke bapak seputar dunia bisnis.


The Tipping Point: How Little Things Can Make a Big Difference

Buku ini ngasih saya tentang bikin sesuatu jadi viral. Saya diajak nganalisis karakteristik yang dibutuhin supaya suatu produk atau ide, bisa menyebar luas, terus gimana prosesnya dan siapa yang berperan penting. Contohnya film pendek Tilik yang sempet viral di sosmed padahal udah dirilis dari 2018. Salah satu alesan bisa viral gegara banyak make influencer yang tepat. Pokoknya ni buku wajib masuk daftar!


Think and Grow Rich

Lewat ni buku, saya dapet ilmu tentang 13 filosofi yang bisa bikin bapak ngeraup kekayaan dan kesuksesan. 13 filosofi ini dikumpulin Napoleon Hill dari wawancara bareng tokoh-tokoh sukses, macem Thomas A. Edison dkk. 13 filosofi tuh ada hasrat, yakin ama kemampuan diri sendiri, autosugesti, pengetahuan khusus, imajinasi, perencanaan terorganisasi, keputusan, kegigihan, kekuatan master mind, pikiran bawah sadar, otak, indra keenam, dan seksualitas. Selain itu, saya juga belajar hal yang bisa ngalangin bapak buat ngecapai kesuksesan, yaitu 6 rasa takut: kek takut miskin, takut mati, takut dikritik, takut kesehatan buruk, takut kehilangan cinta, dan takut tua. 


How to Win Friends and Influence People 

Ada beberapa prinsip komunikasi simpel dari buku ini yang bagus dan bisa diaplikasiin sehari-hari. Contohnya kek belajar buat nginget nama orang, jadi pendengar yang baik, belajar ngeliat sesuatu dari sudut pandang orang, kasih apresiasi ke orang, dan hargai opini mereka. Intinya, kalo bapak mau ngasih pengaruh ke orang, bapak mesti jalin hubungan yang dalem sama orang itu, tau apa yang mereka butuhin, dan paham perspektif mereka.

Purple Cow
Buku ini bikin saya melek soal marketing dan periklanan, pak. Solusi biar gak jadi bagus doang atau jadi rata-rata ya jadi remarkable dan beda dari yang lain. Misal bapak lagi jalan menuju ke peternakan sapi. Terus ada ratusan sapi yang lagi makan rumput di lapangan, tapi di antara sapi-sapi itu ada yang warnanya beda sendiri, yaitu warna ungu (purple cow). Pasti yang lebih narik perhatian bapak yang ungu kan ketimbang sapi lain yang udah biasa dilihat? Itu prinsip purple cow pak, ngasih saya insight tentang cara bikin produk yang gampang diinget, tapi tetep berkualitas.

 

Masing-masing buku ini ngasih saya ilmu yang beda-beda, pak. Siapa tau abis baca salah satu buku di atas, bapak jadi ikutan berubah lebih baik pola pikirnya. Lebih bisa manfaatin peluang yang ada dan lebih kreatif.

 

Ditulis oleh:
Poppy
24 Jun 2022
Dilihat :
248

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait