Rekomendasi Kecap-Kecap Indie Yang Enak Tapi Bapak Jarang Tau

Bacaan 2 menit

Ngomongin soal makanan, kecap manis merupakan salah satu komplementari makanan yang sering banget kita gunakan. Begimanapun jenis makanannya, kecap manis bisa ditambahin ke makanan tersebut. Kuah beningnya kurang mantep buat bapak? Tinggal tambahin kecap manis. Makanannya pedes banget? Tambahin juga kecap manis. Biar bapak makin jadi petualang rasa, ini saya mau kasih rekomendasi kecap-kecap indie yang enak.

Kecap Kentjana

Kecap indie asal Kebumen yang legendaris sekali. Kecap ini bisa bikin orang-orang jadi homesick di perantauannya. Mangkanya sering bat dijadiin oleh-oleh juga. Menurut saya, kecap ini cocok sekali buat nambah kompleksitas pada rasa makanan, pak. Macem dijadiin cocolan, atau buat makan mie ayam juga boleh. Nasi anget, telur dadar ama ditambah ama kecap ini doangan, udah bisa jadi kombo yang mematikan.

Kecap Lombok Gandaria

Kecap bikinan Karanganyar ini sebenernya kaga indie-indie amat, masuknya udah major label. Soalnya pabriknya gede dan kemasannya modern sekali. Cuman kecap yang satu ini emang jarang sekali bapak temuin di daerah Jabodetabek. Kecap ini jadi salah satu rahasia cita rasa khas warung-warung sate dan olahan kambing di seputaran Solo raya. Rasanya emang kawin bener ama daging. Bulet, versatile dan kaga bisa dipisahin.

Kecap Benteng SH

Kemungkinan bapak udah kenal ama kecap Tangerang pride ini. Proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisional, pak. Tekstur kecapnya lengket, mirip kek gula karamel dipanasin. Flavornya menurut saya kompleks dan unik. Soalnya emang pakai tambahan "bumbu" yang khas, kaya bunga lawang, kayu manis ama ketumbar. Jadi spicy dan gurih gitu kalau buat masakan. Cocok bat buat makan bubur ayam, cocolan, atau dicabein.

Kecap Cap Bulan

Agak jauhan dikit, kalau kecap nyang satu ini bikinan Palembang. Kecap ini menurut saya tergolong kecap yang flavornya kompleks dan serba guna. Bisa buat masakan, cocolan atau tambahan makanan. Tekstur dari kecapnya pekat dan tergolong kental. Rasanya manis, tapi langsung disusul sama gurih rempah di belakangnya. Lidah bapak gak akan kaget waktu pertama kali nyobain kecap nyang ini. Rasanya gampang bat diterimanya.

Kecap Mirama

Bapak lagi nyari kecap yang pas buat bikin nasi goreng? Kecap nyang satu ini bisa jadi pilihannya, pak. Rahasia warung-warung nasi goreng dan bakmi jawa di Semarang yang rasanya khas sekali. Bisa juga bapak jadiin indikator warung nasi goreng enak waktu bapak lagi berkunjung ke sana. Flavour kecapnya bisa makin keluar waktu beradu ama wajan dan api gede dari kompor mawar, apalagi kalau toppingnya pake babat segala, amboyyy.

Kecap nomor wahid "Sarico"

Kalo yang ini tak rekomendasikan buat bapak ganyem bareng makanan-makanan yang berkuah. Apalagi buat mendampingi soto gajih, aduh biyung lejat sekali. Kecap ini bisa dibilang kecap "resmi" yang selalu ada kalau bapak makan soto Kadipiro yang legend di Jogja. Dari visualnya aja, kecap ini pekat gitu, pak. Rasanya termasuk kompleks, dan gurihnya nampol. Jadi, bikin kuah bapak rasanya makin mantap, kaga cuman rasa manis yang dominan.

Kalo diperhatiin dari makanan yang sering kita temui aja pasti menggunakan kecap manis. Beberapa kecap ini bisa bapak dapet di e-commerce ya pak. Kalo bapak ada rekomendasi kecap-kecap indie enak yang lain, boleh dishare ya pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
42

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait