Safety Mindset yang Mungkin Bisa Bapak Terapin Ketika Naik Pesawat

Bacaan 2 menit

Keselamatan harus jadi prioritas utama yang harus bapak pegang kalo lagi kemana-mana. Walopun kendaraan yang bapak pake udah lengkap keamanannya buat keselamatan penumpang, gak ada salahnya buat bapak siapin juga safety mindset yang bisa nyelametin bapak nantinya.

Jangan pake earphone noise cancelling

safety-mindset-earphone

Atau kalau fiturnya bisa dimatiin, bagusnya bapak matiin aja noice cancelling-nya, pak. Tujuannya biar bapak kagak budeg kalo ada pengumuman dari pramugari. Kecelakaan pesawat itu kagak cuma pas terbang terus jatoh doang, pak. Bisa juga waktu lagi di taxi, parkir, landing, atau takeoff. Biar bapak kagak hah heh hoh kalo sampe ada apa-apa.

Pake baju yang ada kantongnya

safety-mindset-celana-kantong

Waktu ada insiden, bapak kagak bisa dan kagak mungkin diizinin nyelametin barang-barang bapak waktu evakuasi. Mangkanya penting banget 3 barang esensial bapak kayak dompet, paspor, sama handphone kalo bisa selama flight selalu ada di badan bapak. Jadi kalo ada apa-apa barangnya otomatis kebawa. Bakal memudahkan bapak kalo ada hal-hal di luar dugaan.

Selalu penuhin batre handphone sebelum flight

safety-mindset-full-batrei

Dalam kondisi darurat, handphone bisa jadi  barang yang super berguna, pak. Bukan cuma buat komunikasi doangan. Contohnya kayak flashlight-nya bisa banget bapak pakai buat ganti senter. Selain itu, suara nyaringnya bisa bapak pakai buat narik perhatian penyelamat kalau kondisi bapak saat itu udah gak ada tenaga buat teriak-teriak.

Kalo bisa pakai sepatu dan jangan dilepas pas takeoff atau landing

safety-mindset-sepatu

Sepatu pastinya bakal lebih protektif waktu keadaan darurat dibandingin sama sendal. Bapak gak tau apa yang bakal bapak injek, atau kalau ada api bapak juga lebih terlindungi. Buat gerak cepet juga lebih gampang, gak kaya sendal. Apalagi sendal jepit, bakalan sangat problematik sekali dipake lari, ujung-ujungnya bapak malah nyeker nanti.

Jangan molor kalo lagi landing atau takeoff

safety-mindset-sleep-plane

Bapak pastinya udah mafhum kalau landing sama takeoff itu proses paling berisiko waktu bapak naik pesawat stabil. Pastiin juga bapak udah kebangun sesaat sebelum landing, waktu pramugari nyuruh bapak negakin kursi atau buka jendela. Jangan malah lanjut molor lagi.

Kabarin detail penerbangan bapak ke orang terdekat sebelum flight. Bapak bisa chat ke istri atau keluarga bapak yang isinya nomer seat bapak dan nomor penerbangan. Kalo mau lebih detail lagi, termasuk pakaian yang bapak pake, warna, jenis, sama modelnya. Jam berangkat dan estimasi waktu landing-nya kapan juga bisa sekalian diinfokan. Supaya kalau ada apa-apa orang rumah punya data dan keterangan.

Nurut sama instruksi pramugari

safety-mindset-pramugari

Jangan ngide atau malah sok-sok ngatur, apalagi kalau kondisinya lagi darurat. Kagak disuruh buka pintu darurat bapak ngide buka sendiri misalnya. Ntar jatohnya malah bikin runyem, membahayakan penumpang lain dan bapak bisa kena pidana sama denda. Udah biarin satu komando aja, mereka udah terlatih buat ngadepin situasi-situasi genting dalam penerbangan.

Kalo masalah keselamatan jangan dianggap sepele ya pak, soalnya gak ada yang tau musibah bentuknya kayak begimana. Hal-hal tadi buat jaga-jaga aja biar ngemudahin orang rumah juga kalo ada apa-apa.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
73

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait