Skill-Skill Yang Jarang Dibahas Tapi Ternyata Penting Banget Buat Bapak

Bacaan 2 menit

Dengan bertambahnya usia pasti kita semua ingin menjadi figur bapak yang baik. Baik untuk istri, anak, keluarga, orang tua dan lingkungan sekitar. Tapi bapak butuh skill-skill yang diperlukan untuk mencapainya. Di antara skill-skill tersebut ada beberapa skills yang jarang dibahas tapi ternyata penting banget buat bapak, apa aja tuh pak?

Basic Housekeeping Skill

Ini jarang banget dibahas karena bapak biasanya mikir kalau ini bukan pekerjaan bapak-bapak melainkan pekerjaan (ART) Asisten Rumah Tangga. Jadi skill ini merupakan keterampilan dasar kebersihan tempat tinggal bapak. Pekerjaan rumah kayak nyapu, ngepel, nyuci pakaian, nyuci  piring, dan skill-skill maintenance dasar seperti mengganti bohlam atau masang tabung gas termasuk juga ke dalam skill ini. Dengan bapak mempelajari skill ini, bapak akan bisa menghemat biaya (yang tadinya buat ART) dan bapak bisa makin disayang sama istri, karena sama-sama bisa mengurus rumah tangga. Selain itu bapak juga kudu bisa skill-skill yang berat, contohnya kayak bersihin kerak kompor, kerak kamar mandi dan bersihin jendela rumah.

Problem Solving dan Critical Thinking

Mungkin bapak sering denger, tapi seringkali skill yang satu ini luput dari radar bapak. Skill ini sangat crucial, pak. Karena bisa dipakai dalam kondisi apapun, biasanya bapak-bapak yang cakap di pekerjaan dan bisnisnya pasti menguasai kedua skill ini. Skill-skill ini harus dipelajari secara mendalam, biar bapak punya kemampuan mengumpulkan data, fakta, menggunakan pengetahuan dan menganalisa dalam memecahkan masalah. Jangan kayak Pak Heru yang kerjaannya fokus ke masalah tapi gak pernah ngasih solusi.

Skill Bertahan Hidup

Kayak kejadian beberapa tahun lalu pak, ketika pandemi Covid-19, yang mengharuskan bapak diam untuk beberapa lama di dalam rumah. Nah, kalo semisal ternyata butuh waktu yang lebih lama lagi gimana, pak? Makanya itu, bapak perlu banget skill-skill esensial untuk bertahan hidup di rumah seperti, cara menyaring air, berkebun sayur dan rempah, latihan CPR, membuat penerangan darurat, nyiapin makanan buat jangka waktu seminggu, dan lain-lain. Jadi semisal nanti amit-amit ada hal buruk yang terjadi, bapak udah siap.

Menjadi Orang yang Menyenangkan

Pintu-pintu jadi mudah terbuka jika bapak orangnya menyenangkan, akan banyak peluang yang terbuka lebar untuk bapak. Jika bapak orangnya lucu atau mudah beradaptasi, karir atau bisnis jadi berasa lebih mudah jalannya. Terus bayangin kalo bapak bisa melucu, kehadiran bapak pasti dinanti-nanti sama anak dan istri. Bapak akan menjadi sosok yang ngangenin dan dicintai oleh banyak orang.

Memang banyak skill yang mesti kuasai, pak. Tapi jangan sampe skill-skill yang jarang dibahas tapi ternyata penting banget buat bapak ini malah kelewat. Yang penting setiap hari ada kemauan untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dari hari sebelumnya. Semangat bapak-bapak! 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
221

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait