S.O.P Ketika Ban Mobil Pecah Di Jalan

Bacaan 1 menit

Pas Bapak lagi asik nyetir sambil dengerin lagu faporip tetiba ada suara letusan ban dari arah depan diikutin getaran kenceng banget di setir :

  1. Jangan panik, tetap jaga konsentrasi
  2. Jangan injak rem, atur pedal gas supaya mobil tetap bisa meluncur, kalo gak dibantu gas, kecepatan mobil bakalan turun drastis dan rawan terjadi tabrak belakang
  3. Kontrol setir sekuat tenaga, nyalain lampu sen sambil ngarahin mobil pelan2 ke sisi kiri jalan (jangan berhenti di lajur kanan ya pak, tar kesamber raja jalanan)
  4. Biarin mobil melaju pelan, sampai kira2 ada posisi aman untuk berhenti, lebih baik kalau mobil berhenti sedikit keluar dari bahu jalan, untuk antisipasi kalo2 ada yg suka nyolong bahu jalan, Bapak masih aman.

Kalau mobil sudah berhenti dengan aman :

  1. Nyalain hazard, supaya kliatan oleh pengendara lain kalau mobil Bapak dalam kondisi darurat.
  2. Pasang segitiga pengaman, kira2 50m di belakang mobil.
  3. Siapin peralatan untuk ganti ban, selalu pastiin hal yang satu ini tersedia & siap untuk digunakan ya pak : dongkrak, kunci roda, ban cadangan.
  4. Kendorin baut roda, jangan langsung dilepas. Jangan lupa pasang rem tangan & masukin gigi persneling (kalo matik taro di P).
  5. Pasang dongkrak di titik terkuat bagian bawah mobil, biasanya dibawah pintu atau dudukan per.
  6. Lepas roda & ganti pake ban cadangan, jangan lupa kencengin lagi baut2nya.
  7. Kalau Bapak masi ngalami kesulitan, hubungin teman atau kerabat yang diyakinin bisa bantu, minimal mandu buat ganti ban.

Kalau kejadian di jalan tol, Bapak bisa juga hubungi nomor telepon darurat untuk meminta bantuan petugas Jasa Marga atau Polisi PJR yang setia berpatroli setiap saat.

Nomor telepon Jasa Marga (24 jam) : 14080.

Layanan informasi jalan tol : 0813-8006-8000

 

quote

Konsentrasi dalam berkendara & paham dgn tools yang tersedia di mobil adalah kunci utama. Gada salahnya Bapak luangin waktu buat ngebiasain diri untuk ganti ban, biar dijalan gak keder.

Ditulis oleh:
Cecep Piston
Bacaan 1 menit
Dilihat :
1428

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait