Strategi Menginap di Rumah Mertua Biar Bapak Kagak Salah Tingkah

Bacaan 2 menit

Ketika mertua ngajak bapak menginap di rumahnya, kadang bapak suka bingung dan berujung salah tingkah. Biar terhindar kejadian yang bikin bapak tengsin atau malu, ini saya mau kasih tau kiat-kiat strategi menginap di rumah mertua. Biar win-win solutions, dan semuanya senang.

Jangan Bangun Siang

"Kalau mama perhatikan, suami kok pemalas sekali ya", "emang biasa bangun jam segini ya?". Komplenan-komplenan / celetukan yang kayak gini yang mesti kita hindari, pak. Bahaya. Karena banyak sekali premis/asumsi yang bisa dibangun dari satu tindakan bapak ini.

Bawa Barang-Barang Yang Bisa Bikin Bapak Sibuk

Mati gaya adalah musuh kita paling utama, pak. Enpon bapak gak akan bisa nolong juga. Keliatan cuek sekali takutnya. Bapak bisa bawa buku, laptop, atau perkakas, dan lain-lain. Atau bapak nginepnya diseting pas lagi ada lemburan. Jadi bapak ada kesibukan, terus bapak ada alasan bangun siang.

Tau Do's & Don'ts Perihal Makanan

Aturan perihal makanan biasanya aturan yang tidak tertulis dan tabu untuk dibicarakan. Tapi hal ini yang kadang menjadi hal yang sensitif sekali. Seperti : makanan yang di kulkas / meja makan itu gak semuanya bapak bisa makan. Atau, kalau mertua masak, jangan jajan Gofut. Bawain makanan kesukaan, dan lain-lainnya. Bapak mesti cari tau tuh, mana area yang aman.

Jadi Pembantu Bayang-Bayang

Jadikan diri bapak berguna, dengan mengikuti norma-norma yang ada di rumah mertua. Karena ada sebagian dari mertua yang gak suka menantu laki-lakinya nyapu atau cuci piring. Paling aman, bapak bawa perkakas aja. Dan pastikan pas nurunin, dari kendaraan, mertua bapak liat. Walaupun gak ada yang dibenerin nantinya, setidaknya gesture bapak sudah dapat nilai lebih.

Jadi Pendengar Yang Baik

Ngobrol dengan mertua adalah hal yang bapak tidak bisa hindari. Karena ini adalah esensi menginap yang sesungguhnya, berinteraksi dan berkomunikasi. Bapak siapin amunisi sebanyak-banyaknya. Atau kalau bapak males banget siapin itu, siapin kuping aja, pak. Hakikatnya, orang tua seneng kalo ada yang dengerin mereka. Ajak ngobrolnya ampe larut malem, pak. Biar bapak ada alesan bangun siang.

Itulah beberapa strategi menginap di rumah mertua biar bapak nggak salah tingkah. Bisa bapak aplikasikan sesuai dengan kondisi bapak. Tapi kalo emang mertua bapak pengertian, Alhamdulillah sujud syukur pak.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
35

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait