Tanaman-Tanaman yang Bisa Dijadikan Obat Cacing

29 Sep 2022

Cacingan nggak bisa dianggep sepele ya pak. Soalnya, cacingan bisa ngehambat pertumbuhan anak bapak. Cacing emang demen banget nyerap nutrisi yang dibutuhin anak pas lagi ada di fase tumbuh dan berkembang. Bahkan, bisa bikin pendarahan kronis di saluran pencernaan. Ciri-ciri orang lagi cacingan itu bakalan ngerasa sakit  perut, mual, turunnya berat badan sama bikin badan terasa lemas.

Faktor cacingan itu karena jarang cuci tangan sebelum makan atau setelah BAB yang nyebabin cacing pita masuk ke tubuh, kurang bersihnya ngolah bahan makanan, sering makan makanan yang kurang terjamin kebersihannya, sampe nggak pernah pake alas kaki pas nginjek tanah. Cara yang bisa dilakuin selain minum obat cacing adalah dengan mengonsumsi tanaman herbal yang ada di sekitar kita. Yuk, cari tau apa aja taneman yang bisa jadi obat cacing alami.

Wortel
Selain sebagai pelengkap dari sayur sop, wortel ini juga bisa jadi salah satu obat alami buat cacingan. Kandungan serat di wortel bikin ngebantu kesehatan pencernaan dan ngedorong cacing parasit keluar dari usus kita.

Bapak bisa langsung makan wortelnya atau bisa dimakan barengan sama sayur sop, pak. Jangan lupa buat dicuci sampe bersih sebelum dikonsumsi. Anjurannya sih kita harus konsumsi wortel dua kali sehari. 

Bawang putih
Mungkin dari kita sering nganggep kalo bawang putih itu jadi salah satu bahan buat campuran bahan masakan aja, padahal bawang putih juga punya khasiat buat ngurangin cacingan. Kandungan asam amino yang anti-parasit bisa ngebasmi cacing yang mengganggu pencernaan kita.

Bawang putih yang udah dikupas kulitnya dan dibersihin bisa langsung dimakan. Bisa diiris kecil-kecil dan dimakan langsung atau dicampurin makanan atau minuman biar enggak terlalu mual. Cukup makan seminggu sekali pas keadaan perut kosong ya pak.

Pepaya sama daunnya
Pepaya jadi salah satu taneman yang banyak gunanya. Bagian pepaya semuanya punya manfaat buat kesehatan. Mulai dari akar, daun, biji, sampe buahnya punya manfaat buat cacingan. Bapak bisa langsung kupas pepaya sampe bersih dan makan buahnya.

Bisa juga manfaatin daun pepaya buat ngurangin cacingan. Tinggal cuci bersih selembar daunnya yang direbus di air yang udah panas di panci ukuran kecil sampe warnanya berubah. Tunggu sampe air rebusan itu dingin dan minum dua kali sehari sampe cacing bener-bener ilang.

Jahe
Selain bermanfaat sebagai minuman yang enak banget dan bikin badan jadi anget, jahe juga bisa jadi obat alami ketika bapak ngalamin cacingan. Kandungan senyawa gingerol bisa meningkatkann kesehatan pencernaan dan bisa ngebantu buat ngilangin cacing parasit yang ada di dalem usus kita.

Siapin jahe sama air secukupnya. Mulai cincang jahe jangan sampe terlalu hancur, pak. Trus rebus kurang lebih 5 menitan. Saring air jahe yang udah direbus dan pisahin di gelas bersih. Tinggal minum aja deh, pak!

Cengkeh
Nggak cuma lebih sering dipake buat campuran bumbu dapur, kandungan antioksidan di cengkeh ternyata punya banyak manfaat buat kesehatan badan nih, pak. Salah satunya buat ngebasmi cacing-cacing di tubuh yang ngeganggu. Walaupun seringnya dipake buat obat cacing orang gede, buat anak-anak juga bisa banget jadi alternatif tapi konsumsinya jangan terlalu sering.

Caranya gampang, siapin cengkeh 3-5 biji terus masukin ke dalem air yang dimasak sampe 5 menitan. Setelah mendidih, tinggal saring cengkeh sama airnya. Buat yang suka air cengkeh murni bisa langsung diminum aja. Kalo yang nggak suka pait bisa ditambahin satu sampe dua sendok madu.

Semua taneman di atas mudah bapak temuin di pasar. Tanaman-tanaman di atas bisa bapak bikin sendiri campurannya kalo lagi nggak ada obat cacing di rumah. Alternatif banget pak buat yang nggak suka obat-obatan dan nggak mau ada campuran kimia di tubuh.

 

Ditulis oleh:
Nasuha
29 Sep 2022
Dilihat :
40

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait