Tanda-tanda Kalo Adik Sudah Dewasa

Bacaan 2 menit

Mungkin kadang adik bingung menempatkan diri adik sebagai remaja atau orang dewasa. Salah satu ciri kalo adik sudah termasuk orang dewasa adalah ketika adik yang remaja menikah. Tapi selain itu, ternyata ada beberapa tanda-tanda kalo adik sudah beranjak dewasa, beberapa tanda itu adalah sebagai berikut,

Mulai mengakomodasi kepentingan orang lain, terutama orangtua dan keluarga

Seiring beiringnya waktu, adik semakin pintar dalam berempati dan menempatkan diri. Misalnya ketika adik jajan, adik juga jajanin keluarga adik di rumah. Terus mulai ikutan bayar-bayar keperluan di rumah kek listrik, PDAM, wifi, atau iuran sampah. Bukan karena disuruh, tapi karena adik merasa bertanggung jawab.

Tau caranya ngurus administrasi, minimal ngarti kudu ke mana.

Ini jadi hal yang kudu adik lakuin juga selama hidup sebagai orang dewasa. Banyak yang kudu diurus, dik. Mulai dari SIM, KTP, KK, sampe pernikahan. Dan semua proses administrasi tersebut juga membutuhkan waktu dan ketelitan. Kalo adik udah bisa ngurus-ngurus administrasi ini sendirian, ini salah satu bukti kuat kalo adik udah dewasa. 

Punya Tabungan dan Investasi

Adik udah mulai sadar akan pentingnya menabung dan berinvestasi. Jadinya adik pandai dalam mengatur keuangan. Adik selalu menyisihkan sebagian pemasukkan adik di awal untuk tabungan dan investasi. Kagak nunggu sisaannya doang. Biasanya cuman orang bermental dewasa yang bisa begini. 

Sering diskusi sama Orang Tua

Seiring bertambahnya umur, adik jadi makin relate sama orang tua adik. Begitu juga orang tua adik yang memaklumi adik. Mangkanya adik dan orang tua jadi sering diskusi, walaupun kadang-kadang tetep aja ada sesuatu yang adik dan orang tua gak sepaham. Tapi sekarang minimal adik udah bisa berdiskusi sama orang tua layaknya sesama orang dewasa.

Tau caranya berpakaian sesuai waktu dan tempat

Adik kagak pake sendal jepit ke kondangan, atau gak pake kaos Batman yang ada jubahnya waktu ke Masjid. Adik mulai paham cara menghargai tempat dan orang yang mengundang adik. Lagian juga kan adik kagak ganteng-ganteng amat, kalo baju adik rapi kan jadinya ketolong dikit.

Kalo cukur rambut udah dapet harga dewasa

Itu biasanya ada di stiker yang ditempel di cermin tukang cukurnya. Anak-anak harganya 10 ribu. Kalo dewasa harganya 20 ribu. Terus kadang di beberapa tempat cukur, kadang adik ditawarin mau pijet juga apa kagak. Ini cara paling mudah untuk membuktikan kalo adik udah dewasa, valid no debat.

Itulah tanda-tanda kalo adik sudah beranjak dewasa, selain poin-poin di atas, adik juga pasti akan mengalami perkembangan pada pola pikir adik. Adik jadi lebih kalem dan bisa mengambil keputusan yang tepat. Dewasa sekali adik.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
146

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait