Tata Cara Kalau Bapak Mau Bikin Acara di Rumah

26 Sep 2022

Kalau bikin acara tuh banyak banget pasti ya pak yang harus diurusin. Pas bikinnya pusing, pas udahannya capek banget. Apalagi kalau acaranya di rumah. Tapi ada beberapa hal yang mesti bapak lakuin ke tetangga kalau bikin acara di rumah nih pak. 


Undang tetangga yang deket, apalagi hansip sama Pak RT. Ngundang tetangga harusnya wajib pak. Apalagi kalau acaranya lumayan gede, paling enggak undang yang deket sama bapak atau istri. Lagian biasanya tetangga malah jadi bantuan tau pak. Bisa bantuin ngatur kursi sama bersih-bersih. Bukan manfaatin ya pak, tapi tetangga saya sih pada begitu baiknya.


Izin ke rumah sekitar bapak. Bapak jangan lupa izin ke tetangga sebelah rumah sama yang depan belakang juga. Kalau acaranya agak gedean juga lapor ke satpam atau pak RT. Jadi enggak ujug-ujug ada acara pak. Daripada enggak izin, trus dibubarin bisa gagal acara bapak. Lagian adab bertetangga kok pak bikin acara atau tuh kudu izin dulu.


Waktunya jangan pas orang-orang lagi tidur. Ini juga krusial pak. Jangan sampe deh acara ganggu tetangga-tetangga deket, apalagi waktu tidur. Jadi waktu yang pas tuh biasanya sore pas saat orang udah selesai istirahat siang. Kalo bapak mau bikin acara pas weekend juga jangan pagi, barangkali tetangga mau tidur sampe siang capek semingguan udah kerja mulu.


Nyampah. Kalo abis bikin acara jangan sampai bikin sampah di sekitar rumah ya pak. Mungkin aja bapaknya enggak tapi takutnya tamu-tamu bapak yang nyampah. Kalopun ada, bagusnya langsung dibersihin ya pak jangan sampai bikin tetangga jadi enggak nyaman. Bapak juga pasti jadi enggak nyaman kan. 


Nggak ganggu jalan. Nah ini yang sering jadi masalah buat orang-orang yang bisa kita liat di sosmed. Kalau bikin acara sebisa mungkin jangan sampe ganggu jalan, apalagi kalo jalan tersebut jalan utama di komplek bapak dan enggak ada alternatif. Lebih baik bapak kosongin ruang di rumah supaya bisa muat. Atau bapak bisa atur tamu yang bakalan bapak undang. Tapi lebih baik emang bapak kasih tau alternatif jalan lain.


Tetangga biasanya adalah orang pertama yang bakal bantu bapak kalau ada masalah di rumah. Jadi sebaiknya bapak juga tetep jaga hubungan baik. Saling respect aja sesama tetangga ya pak. Kalau bertetangga saling mengerti, kehidupan sehari-hari juga makin enak.

 

Ditulis oleh:
Tiffon
26 Sep 2022
Dilihat :
30

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait