Tipe-Tipe Aktivitas Self Care yang Bisa Bapak Ajarin ke Anak

Bacaan 3 menit

Kenapa bapak kudu ngajarin self care ke anak? Jadi aktivitas self care tuh artinya aktivitas yang dilakukan untuk merawat diri sendiri. Soalnya kalo bukan diri kita yang peduli sama kondisi diri sendiri, ya siapa lagi pak?

Anak-anak perlu nih diajarin begini biar mereka bisa menemukan jenis aktivitas yang bikin mereka sayang sama diri sendiri. Di era yang penuh informasi digital dan paparan konten sana sini, kadang anak muda cenderung tumbuh buat meragukan dirinya sendiri. Khawatirnya mereka jadi enggak pede terus dan enggak sayang sama diri sendiri. Ditambah lagi, ketika memasuki masa pubertas yang akan dipengaruhi oleh hormon-hormon dan bikin mereka jadi banyak mikir. Biar mereka enggak bingung, penting banget buat diajarin gimana caranya sayang sama diri sendiri. Ini ada pilihan aktivitas yang bisa bapak ajarin ke anak nih, pak. 

  1. Aktivitas Fisik
    Yang termasuk dalam aktivitas fisik nih ada macem-macem. Misalnya stretching, jalan pagi, olahraga, sepedaan, dan istirahat juga termasuk aktivitas fisik. Bapak bisa pilih aktivitas manapun yang emang disukain sama bapak dan anak. Terus kalo ngelakuin aktivitas fisik ini, bapak bisa tambah tantangan sederhana buat anak biar mereka merasa bisa punya accomplishment.

    Tantangannya disesuaiin umur anak aja ya, pak. Yang sederhana juga kalo bisa. Enggak perlu muluk muluk karena fokusnya adalah bikin hati senang. Misalnya kalo bapak sama anak hobi lari, kasih aja tantangan lari keliling lapangan 1 putaran. Kalo hari ini enggak bisa, coba lagi besok dan seterusnya sampai mereka merasa berhasil mencapai sesuatu. Rasa pencapaian yang berhasil ini pak yang bikin anak percaya kalo diri mereka tuh kuat dan bisa ngelakuin apa pun. Jadi lebih pede gitu deh akhirnya. Selain lebih pede pastinya badan jadi jauh lebih sehat dan bugar.

  2. Aktivitas Emosional
    Dalam aktivitas emosional ini termasuk berbuat baik, merawat tanaman, mengelola emosi, dan lainnya yang berhubungan dengan emosi diri. Memelihara binatang dan bertanggung jawab penuh sama binatang yang dirawat juga termasuk. Inti dari tipe aktivitas emosional ini adalah membuat anak lebih sadar dengan emosi mereka.

    Misalnya dengan ngajak anak merawat tanaman. Anak jadi belajar kalo tanaman itu juga makhluk hidup yang memerlukan minum (air) dan sinar matahari untuk tumbuh. Terus mereka juga jadi tahu kalo tanaman itu nggak boleh dirusak sembarangan karena mereka memberikan oksigen untuk manusia. Tujuan utama aktivitas emosional ini biar anak bisa lebih matang emosionalnya. Terus bisa juga buat meningkatkan kecerdasan emosional anak. Biar ntar kalo gede dia tumbuh jadi orang yang punya empati positif dan bukan orang yang acuh dengan lingkungan sekitar.

  3. Aktivitas Sosial
    Kegiatan self care yang berhubungan dengan sosial ini contohnya membuat batasan untuk diri sendiri, cara komunikasi yang baik, serta lingkungan yang positif juga. Pokoknya self care ini berhubungan dengan kegiatan sosial anak dengan masyarakat sekeliling. Tentunya cara yang paling seru buat nerapin self care tipe ini adalah dengan sering-sering ngobrol sama anak.

    Setiap anak pasti bakal niru gimana cara orang tua dan orang di sekelilingnya berkomunikasi. Ibaratnya nih mereka dapet input data gimana cara ngobrol sama orang lain tuh dari ngeliat gimana kita kalo ngobrol sama orang lain juga sebagai orang tuanya. Jadi, penting banget sering-sering ngobrol hal yang positif sama anak. Kayak misalnya ngajarin bilang ‘tidak’ ke hal yang mereka enggak mau, berdiskusi tanpa ninggiin suara, meminta izin, berterima kasih, dan lainnya. Terus kalo bapak ngobrol sama orang lain dan ada anak bapak pastiin juga pake bahasa dan cara yang sopan, ya. Tujuannya biar anak bisa niru cara ngomong dan ngobrol yang sopan juga.

  4. Aktivitas Spiritual
    Aktivitas self care tipe spiritual ini berhubungan sama ketenangan jiwa. Bapak bisa ajarin anak untuk membaca kitab yang di anut, pergi ke rumah ibadah, membaca doa, beribadah, dan juga menikmati indahnya alam. Cara paling sederhana yang bisa dimulai dari sejak dini adalah ngajarin anak bersyukur. Bersyukur sebelum makan, bersyukur sebelum tidur, bersyukur dibeliin mainan baru, dan lainnya.

    Bapak juga bisa ajak anak nikmatin indahnya alam karena ini salah satu tipe self care spiritual yang bagus. Selain itu, udara alam yang banyak pohonnya jauh lebih bersih, nikmatin alam yang indah juga ngajarin ke anak bahwa alam harus dijaga dan dilindungi keindahannya.

Tipe-tipe aktivitas self care tadi sederhana, tapi seru banget kalo dilakuin bareng anak. Jangan lupa, abis ngelakuin aktivitas self care tadi, puji anak juga ya pak. Kalimat-kalimat positif dan sayang dari bapak bakal jadi self care yang paling mereka inget sampe gede nanti.

Ditulis oleh:
Girly
Bacaan 3 menit
Dilihat :
249

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait