Tipe-Tipe Istirahat yang Dibutuhkan Tubuh biar Gak Burnout

Bacaan 2 menit

Cara mencintai diri sendiri bukan cuma beli keinginan yang selama ini bapak idam-idamkan, tapi juga bapak perlu tau sebenernya apa sih yang bapak butuhkan, contoh kecilnya seperti istirahat yang cukup. Tapi bapak juga perlu tau kalo bapak sedang membutuhkan istirahat seperti apa biar ditanganinya tepat.

Istirahat fisik

Kurang tidur dan aktivitas fisik berlebihan bikin badan bapak cape. Bapak butuh istirahat fisik untuk ngembaliin energi bapak. Ada dua jenis istirahat fisik yaitu pasif dan aktif. Pasif, tidur lebih dari 7 jam sehari, tidur siang. Aktif, peregangan, pijet, pake kursi yang ergonomis, dan lainnya.

Istirahat sosial

Kelelahan sosial adalah ketika bapak kebanyakan bersinggungan dengan relationship yang menguras energi sosial bapak. Biasanya bapak gak bisa sepenuhnya menjadi diri sendiri, atau ada batasan-batasan tertentu dalam bersikap. Istirahatnya, berkumpul sama orang-orang yang support bapak, kurangin ketemu sama orang-orang yang menguras energi bapak, dan ngabisin waktu untuk diri sendiri.

Istirahat emosional

Hampir mirip dengan kelelahan sosial, kelelahan emosional terjadi ketika bapak gak bisa mengeluarkan apa yang bapak rasakan sebenarnya. Misalnya, kalo bapak kerja sebagai guru yang gak boleh marah-marah meksipun muridnya bangor bener, ampun dah. Itu lama-lama bakal jadi kelelahan emosional. Istirahatnya, main sama orang yang bapak bisa jadi diri sendiri di depannya, curhat ke orang lain, atau kunjungan ke psikolog.

Istirahat sensori

Hidup bapak sebagai manusia modern itu overstimulated sekali. Pagi-pagi denger alarm, siang meeting pake Zoom, sore-sore nonton YouTube tukang bangunan, malemnya nonton Netflix. Padahal overstimulasi bisa bikin kondisi psikologis bapak gak karuan. Bapak jadi emosian, marah-marah, dan mood gak stabil. Istirahatnya, kurangin screen time, gak main sosmed dulu, matiin notifikasi, kurangin meeting virtual, dan lain-lain.

Istirahat spiritual

Di dalam hati bapak, ada dorongan untuk melakukan sesuatu yang lebih besar dan purposeful daripada tentang diri bapak sendiri. Kalo dorongan itu dibiarin, bapak akan merasa lelah secara spiritual. Istirahatnya, beribadah, berderma, volunteering, atau pilih kerjaan yang berkontribusi buat orang banyak.

Istirahat kreatif

Kelelahan kreatif sering kejadian ke orang-orang yang kerjanya selalu problem-solving dan bikin ide kreatif baru. Cara istirahatnya adalah stop dulu bikin dan merancang sesuatu, terus bapak nikmatin apa yang menurut bapak bagus dan bapak suka, tapi tanpa ada beban alias murni untuk senang-senang. Istirahatnya, jalan-jalan di taman, main ke pantai, dateng ke museum, nonton film favorit, dan lain-lain.

Kalo penanganannya tepat, bapak juga lebih mudah menjalani hari-hari tanpa burnout. Soalnya kalo kelamaan burnout pasti merembet kemana-mana masalahnya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
34

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait