Tips Bagi Waktu Tidur Pas Punya Bayi Baru Lahir

31 Oct 2022

Selain perlengkapan-perlengkapan buat bayi lahir, hal yang wajib banget disiapin juga adalah gimana cara ngatur waktu tidur dan begadang. Soalnya dari pengalaman, punya bayi baru lahir tuh hebohnya pas malem karena dia kebangun terus. Akhirnya bapak sama istri jadi enggak bisa punya waktu cukup buat tidur. 


Yang kaya gini, dampaknya bisa bahaya loh, pak. Orang kurang tidur tuh bawaanya sumpek melulu dan emosian. Khawatirnya jadi baby blues. Jadi kalo bisa bapak sama istri bagi waktu begadang pas punya bayi baru biar sama-sama punya tidur cukup. Apalagi kalo bapak sama istri berdua aja dan kagak ada yang bantu urus anak. Gini caranya:

  1. Tidur per 3 Jam
    Atur waktu tidur jadi per 3 jam. Ini berat bener rasanya tapi mending tidur per 3 jam gini daripada enggak sama sekali. Jadi atur waktunya gantian antara bapak sama istri. 3 jam bapak tidur pas istri bangun, 3 jam istri tidur pas bapak bangun. Begitu seterusnya sampe pagi atau paling enggak sampe bayi tidur pules.

  2. Tidur per Giliran Anak Nangis
    Bayi yang baru lahir kalo malem nangisnya enggak sekali dua kali pak. Ini bisa dipake buat bikin jadwal giliran tidur. Nangis pertama istri yang bangun, nangis kedua bapak yang bangun, dan seterusnya. Tergantung dari masing-masing bayi juga nih pak. Soalnya ada bayi yang sering nangis kalo malem dan ada yang enggak. Jadi bapak tetep kudu pilih mana yang sesuai ya.

  3. Buat jadwal tidur
    Jadwal juga ngefek banget buat atur jam tidur pas ada newborn. Misalnya bapak tidur duluan dari jam 8, terus ntar jam 11 sampe jam 3 istri yang tidur, abis gitu lanjut bapak tidur lagi. Siapa yang tidur duluan kudu bangun pagi buat urus bayi. Dulu saya nerapin begini pas punya anak baru lahir. Meskipun masih ada ngantuknya, paling enggak bisa dapet jadwal tidur yang cukup.

  4. Disiplin
    Tips paling penting biar bisa tetep berjalan lancar tidurnya adalah disiplin. Jadi kalo udah sepakat mau pake metode apapun buat begadang sama bayi, ya bener-bener kudu disiplin. Kalo udah giliran tidur ya tidur aja kagak pake scroll hape. Biar waktu tidur enggak keganggu dan tetep cukup tidur.

  5. Co-Sleeping
    Sebenernya co-sleeping sama bayi itu enggak dianjurin sama dokter anak. Soalnya dikhawatirkan orang tuanya kalo tidur posisinya heboh banget dan anak ketindihan yang bisa jadi penyebab SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome. Tapi dari pengalaman saya yang udah pernah punya bayi, co-sleeping ini sangat sangat membantu. Enggak perlu jalan pindah-pindah buat nyamperin bayi dan pastinya bayi nangis dikit bisa langsung dipukpuk biar tenang.

    Kalo bapak sama istri tipe orang yang heboh banget pas tidur dan pengen co-sleeping sama bayi, mungkin bisa pake crib yang nyambung ke kasur. Jadi cribnya ini enggak sepenuhnya nutup. Ada satu bagian yang pagarnya dibuka biar bisa nyambung ke tempat tidur utama. Jadi semacam extension kasur buat bayi gitu deh. Kalo pake ini, enggak perlu khawatir bayi ketindihan lagi.

  6. Hapalin Jam-Jam Anak Minum ASI
    Ngapalin jam anak minum ASI penting loh pak. Soalnya sebagian besar nangisnya bayi baru lahir pas malem hari tuh ya karena minta susu. Jadi, kalo bapak hapal jam minta susu, atur jadwal tidur sama istri jadi jauh lebih gampang.

Bapak bisa pilih mana cara yang paling pas buat bayi bapak. Sama kalo memungkinkan dari kantor bapak bisa minta izin WFH buat bantu istri yang baru lahiran. Pokoknya kunci ngurus anak baru lahir damai sentosa tuh tidur cukup pak. Kalo tidurnya cukup, yang lain jadi ngalir lancar. 

 

Ditulis oleh:
Girly
31 Oct 2022
Dilihat :
62

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait