Tips biar Anak Mau Makan Sayur

24 Oct 2022

Yang anaknya susah banget makan sayur ayo sini ngumpul dulu pak.

Kayaknya anak-anak tuh susah banget makan sayurnya ya. Udah dibujuk makan pake gaya kayak gimanapun tetep aja mulutnya nutup rapet enggak mau buka. Padahal sayur kan gizinya tinggi dan banyak vitaminnya. Nah saya mau bagi tips nih biar anak mau makan sayur. 

  1. Dibikin Jus
    Sekarang udah banyak resep smoothie atau jus yang enak-enak pak. Misalnya kayak pakcoy dicampur nanas sama lemon, wortel dicampur apel sama madu, dan lain-lain. Rasanya juga enak-enak pak. Kayak minuman jus biasa yang manis dan anak juga suka. Tinggal bapak yang rajin nyari kombinasi resep jus sayur yang enak. Terus coba deh pak jus nya dicampur sama yoghurt atau susu, rasanya jadi beda dan lebih nikmat.

  2. Dicampur Masakan yang Anak Suka
    Yang satu ini agak susah nih, pak. Soalnya saya sering sembunyiin sayuran di makanan favoritnya dia eh tetep aja anak saya nemu dan dipinggirin sayurnya. Jadi bapak bisa akalin dengan potong sayurannya kecil-kecil biar gak kelihatan banget gitu. Terus dimakan juga ga berasa banget, soalnya potongannya kecil.

  3. Tunjukin Kalo Bapak Suka Sayur Juga
    Kebiasaan makan anak itu sebagian besar niru orang tuanya pak. Jadi biar anak mau makan sayur, ya bapak sama istri tunjukin juga kalo suka makan sayur juga. Ini bisa jadi contoh baik buat anak dan membangun kebiasaan yang baik juga. Kalo serumah rame-rame suka makan sayur kan enak juga jadinya.

  4. Kasih Tahu Manfaat Sayur
    Mengedukasi anak soal manfaat sayur juga perlu dilakuin. Biar mereka tau kalo makan sayur itu dampaknya bagus buat mereka. Tapi kalo jelasin ke anak pakai bahasa yang sederhana aja ya pak. Kalo terlalu susah ntar anak bingung. Misalnya bapak bisa pake kalimat “wortel mengandung banyak vitamin A. kalau kamu makan wortel dengan cukup, mata kamu jadi sehat” atau “bayam kandungan zat besinya tinggi loh. Kalo kamu makan bayam, badan kamu akan jadi lebih kuat” Pokoknya pakai penjelasan sederhana yang mudah diikuti anak. Jadi mereka bisa paham manfaat dari makanan yang mereka makan.

  5. Variasi Masakan
    Sayur juga bisa dijadiin cemilan loh, pak. Jadi anak tetep bisa makan sayur waktu snacking. Misalnya dengan dibikin jadi keripik kayak keripik bayam. Bisa juga dibikin kue kayak carrot cake yang dibikin dari wortel, dan banyak resep lainnya. Kalo urusan ini sih kuncinya kreatif pak. Segala macam sayur kalo cara ngolahnya tepat pasti anak mau makan kok, pak.


Sayuran memang penting banget buat jadi menu makan anak-anak. Anak yang rajin makan sayur kebutuhan vitaminnya akan tercukupi dengan baik. Tumbuh kembang anak juga akan bagus karena ditopang dengan kandungan gizi yang terdapat di sayuran. 

 

Ditulis oleh:
Girly
24 Oct 2022
Dilihat :
50

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait