Tips buat Nambahin Uang Jajan buat Adik-Adik Mahasiswa yang Ngekost

26 Oct 2022

Dari awal lulus SMA sampe lulus kuliah dan kerja bikin saya banyak belajar dan cari cara buat bertahan hidup selama jadi anak kost. Apalagi pas jaman jadi mahasiswa yang uang jajannya kebates uang jatah bulanan orang tua. Tiap bulannya belum tentu cukup, belum tentu kurang juga. Kadang, ada aja pengeluaran tidak terduga dan bikin saya harus puter otak buat bertahan hidup di kosan.

Adik-adik yang lagi ngerantau atau ngekost pasti relate sama yang saya jembrengin di atas. Saya cuma mau ngasih sedikit life hack ala mahasiswa anak kost buat nambahin uang jajan setelah apa yang saya alamin dan lewatin beberapa tahun lalu nih dik.

  • Jadi asisten peneliti dosen
    Coba deh, dik. Mulai cari peluang dengan jadi asisten peneliti dosen di kampus. Selain dapet uang tambahan, adik juga bisa nambah relasi dari kenalan dosen. Eits, ini bukan usaha buat carmuk atau caper ya dik. Soalnya, jadi asisten peneliti dosen tuh butuh skill juga.

Adik bisa mulai belajar ngebuka ruang buat cari tau gimana caranya buat jadi asisten peneliti dosen ini. Biasanya, dosen bakal ngeliat keuletan adik-adik mahasiswa di kelas. Kalo emang udah kenal deket, biasanya dosen bakal cari mahasiswa yang bisa diajak dan diandelin buat penelitiannya.

  • Cari part-time
    Buat adik-adik yang kepingin punya uang tambahan, cari part-time-an bisa jadi solusi. Apalagi adik-adik yang kuliah di kota-kota gede kaya Jakarta, Bandung, Jogja, Surabaya atau Malang. Coba deh keluar dari kamar kos buat cari uang jajan tambahan dengan jadi part-timer di cafe, restoran, atau jadi tour guide.

Pas jaman saya kuliah, saya jadi tour guide karna kebetulan kuliah di Jogja yang emang pariwisatanya hidup banget. Saran saya, cari part-time yang gak ngeganggu waktu kuliah. Atau lebih mantep lagi kalo adik udah gak ada matkul lagi. Jadinya, kuliah adik juga kagak keganggu. 

  • Punya bisnis kecil2an
    Pinter ngeliat peluang bisnis ini penting banget lho dik. Gak perlu bisnis yang gede banget, tapi cuma cukup konsisten buat ngejalaninnya. Soal untung mah nanti juga dateng dengan sendirinya dik. 

Coba deh mulai ngebikin bisnis kecil-kecilan kaya buka usaha cuci sepatu, jualan jajanan pasar, atau jualan baju yang bisa dijual per biji dan gak butuh modal yang gede banget. Kan bisa tuh nyisihin dari uang jajan bulanan yang dikirim dari orang tua. 

  • Ikut kepanitiaan eksternal berbayar 
    Kalo adik jeli cari peluang dan orangnya seneng bersosialisasi dengan orang banyak, coba deh cari peluang buat ikutan acara-acara yang butuh volunteer atau panitia eksternal. Tips saya, cari kepanitiaan yang ada bayaran buat sekadar uang bensin atau uang lelah dik. Apalagi semenjak pandemi udah agak redaan, event-event mulai dari event kampus, event olahraga, sampe event musik.

Nah, adik bisa tuh cari peluang di situ dengan ikut jadi panitia eksternalnya. Gak cuma bisa dapet fee, adik juga bisa memperluas relasi di luar dosen dan temen-temen yang ada di kampus aja.

  • Mulai coba berkarya
    Adik punya keahlian lain yang bisa menghasilkan? Adik bisa nekunin hal kaya gitu dan coba beraniin buat dijual ke berbagai platform. Misal adik bisa ngebikin desain yang cakep, coba buat komersilin karya adik di platform kaya pinterest, shutterstock, karyakarsa dll. 

Coba deh ulik keahlian apa yang bisa adik jadiin karya komersil yang menghasilkan. Kalo adik belum punya keahlian itu gimana? Belajar terus ya dik, sekarang bisa banyak cara kok buat belajar dan ngembangin diri. Ini juga nanti bakal ngegampangin adik-adik kalo udah lulus kuliah dan siap berkecimpung di dunia kerja, lho. Biasanya, mahasiswa itu punya berbagai macem cara buat nambahin uang jajan demi bisa nabung dan beli apa yang dia suka. Tapi inget, jangan sampe fokus utama adik buat kuliah dan jadi sarjana jadi keganggu ya. Semangat!

 

Ditulis oleh:
Nasuha
26 Oct 2022
Dilihat :
65

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait