Tips Gampang Ngenalin Warna ke Anak Bapak yang Masih Balita

03 Jun 2022

Ngajarin macem-macem jenis warna ke anak penting bener pak buat perkembangan kognitif. Soalnya warna bisa bantu ngerangsang indera penglihatan anak dan bikin daya imajinasinya ningkat. Biar kagak monoton, saya punya cara seru buat ngenalin warna ke anak.


1. Ngasih menu makanan warna-warni

Bapak bisa ngenalin warna ke anak lewat menu makanan yang variatif sekaligus bergizi. Misalnya nih, di satu piring bapak bisa sajiin makanan yang warna-warni, mulai dari nasi yang warna putih, sayuran-sayuran warna ijo dengan tambahan wortel warna oren, dan telor warna kuning. Terus kasih juga buah-buahan, misalnya yang warna merah kek stroberi, warna kuning kek pisang, atau warna ungu kek anggur. Lama-lama ntar anak bapak jadi apal dah ama warna. Kadang saya pas nyiapin makan anak saya, suka iseng sambil nanya-nanya kayak “Wortel ini warnanya apa, dek?” atau saya jelasin kalo dia belum tahu, “Ini yang warnanya ijo namanya sayur bayam ya, dek”.


2. Lewat lagu

Lagu punya pengaruh yang kuat ama daya ingat, pak. Bisa juga bapak jadiin lagu sebagai media buat ngenalin warna. Siapa tau anak bapak lebih cepet nangkep informasi lewat indera pendengar. Gak usah jauh-jauh lagu barat pak, lagu Indonesia juga ada, kek lagu legend, “Pelangi” atau “Balonku”. Lagunya banget gampang diapal pak, jadinya anak saya bisa cepet inget nama-nama warna.


3. Sisipin dalem percakapan sehari

Anak balita gitu cenderung lebih gampang ngapalin sesuatu yang berulang-ulang disebut atau dilihat. Bapak bisa nih ngasih tau tentang warna sama anak dengan sering-sering nyisipin ke percakapan sehari-hari. Mulai dari warna basic aja dulu pak. Misalnya, pas lagi ngajak main di teras depan rumah, bapak bilang “Bunganya cantik banget dek, warna merah”. Atau bisa juga “Kakak ganteng deh pake sepatu kuning ini.” Atau bapak bisa juga minta tolong anak buat ambilin suatu barang, kayak “Adek ambilin bola warna biru itu dong.” Kalo tiap hari disisipin dalam percakapan, otomatis otaknya anak bakal keasah, dan dia pelan-pelan bisa ngapalin warna, pak.


4. Mainan finger painting

Kalo lewat kata-kata udah, bapak bisa coba finger painting. Karena anak balita lagi demen masuk-masukin benda ke mulut, baeknya sih bapak bikin edible paint sendiri ya pak pake pewarna makanan dibanding pake cat air. Kalo warna-warnanya udah siap, bapak bentangin aja kanvas ato kertas kosong yang rada lebar. Udah deh biarin anak bereksperimen sendiri. Suruh dia celupin tangan atau jarinya ke pewarna terus tempelin di kanvas. Sambil sesekali bapak kasih tau nama-nama warnanya. Bapak juga bisa bereksperimen dengan buat kombinasi antara warna satu ama warna lainnya yang ngebentuk warna baru.


5. Memilih pakaian sendiri

Terakhir, pas mau pergi, bapak bisa suruh anak buat milih pakaiannya sendiri. Pokoknya jangan batesin anak saat madupadanin warna baju yang pingin dia pake pak. Terus, sesekali kalo kebetulan lemarinya lagi berantakan, bapak bisa minta bantuan anak buat nyusunin berdasarkan warna yang mirip-mirip. 

Kalo hasilnya ke anak saya pelan-pelan udah bisa ngebedain warna. Oh iya, pas ngajarin, bapak bisa mulai dari warna-warna dasar aja ya pak, jangan yang ribet-ribet dulu supaya anak gampang nyerepnya. Kita aja susah ngarti warna salem, fuchsia. Gimana anak kita.

 

Ditulis oleh:
Poppy
03 Jun 2022
Dilihat :
51

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait