Tips Memilih Mobil Bekas Sebagai Mobil Pertama Bapak

Bacaan 4 menit

Membeli mobil sebenernya bukan hal wajib pak, tetapi kala memang sudah ada dana sisa bisa untuk bapak alokasikan buat memiliki mobil pertama bapak. Walaupun mobil pertama tidak harus baru, kita juga bisa memilih untuk membeli mobil bekas. Walaupun tidak baru dan nyis kinyis tapi dengan beberapa tips di bawah bapak bisa mendapatkan mobil bekas yang berasa baru loh, nah berikut ini beberapa tips bagi bapak yang baru pertama ingin membeli mobil bekas, pantengin yah pak.

 

1. Pastikan Ada Uangnya 

Nah sebelum mencari mobil yang mau bapak beli pastikan ada uangnya, kalau ga ada uangnya mau dibayar pake apa pak hehehe, nah jika uang sudah ditangan pastikan cek harga mobil yang ingin bapak beli apakah budgetnya masuk atau tidak. Kalau sudah cocok bisa lanjut ke tips selanjutnya pak.

2. Survei & Cek Kondisi Mobil 

Jika dana sudah ready maka lanjut cari mobil yang bapak inginkan bisa langsung datang ke showroom atau bisa cari manual di website iklan baris pak. Sekedar tips pak jika membeli langsung di orang pertama biasanya harganya selisih lumayan banyak dari showroom cuma harus sabar dan teliti saja. Nah, jika sudah dapat pastikan mobil dalam kondisi bagus dan prima kondisinya. Nah jika sudah merasa yakin dengan mobilnya bisa langsung ke tips selanjutnya pak.

3. Cek Kondisi Eksterior Mobil 

Tahap selanjutnya setelah cek kondisi mobil bisa lanjut cek kondisi luar mobil dulu pak apakah repaint atau tidak, walaupun tidak terlalu memiliki fungsi tetapi warna mobil bawaan pabrik joss banget, pak. Nah untuk caranya pastikan bapak cek mobil di kondisi cahaya yang baik disitu aka terlihat perbedaan cat asli dan repaint, sekali lagi ini bukan hal yang perlu di khawatirkan ya pak, karena tidak terlalu berpengaruh pada fungsinya kelak, hanya pengaruh pada penampilan mobil saja. Atau kalau bapak masih ragu bapak bisa ajak temen bapak yang paham soal mobil buat ikut inspeksi mobilnya, biar makin joss.

4. Cek Kondisi Interior Mobil

Kondisi interior juga bisa jadi salah satu indikator mobil tersebut diperlakukan atau dirawat baik sama pemiliknya dahulu atau tidak. Ciri kondisi interior yang bagus adalah masih bersih dan terawat pak dan bukan bekas banjir (cara cek biasanya mobil yang bekas banjir ada celah tumbuh karat di perintilan kecil pak kayak dibaut bawah dan yang paling bahaya kalau tumbuh karat di kabel bawah kemudi pak), serta stir yang masih kencang dan nyaman saat dipegang dan usahakan cari yang tidak retrim ya pak, soalnya bisa menjadi salah satu indikator cara pemakaian dahulunya gimana. Nah, jika dirasa tidak ada masalah langsung lanjut di bagian terpenting, pak.

5. Cek Mesin, Suspensi, Ban, Rem, Dsb

Selanjutnya cek hal yang paling penting dalam mobil pak, dimana ini bagian yang harus diperhatikan betul, soalnya kalua dibawa ke bengel lumayan pak hehe.

  • Cek Mesin, Pastikan nyalakan mesin dulu pak sebelum cek part penting di mobil, nyalakan selama beberapa menit sambil dibuka kap mesinya ada suara yang mencurigakan engga, mesin yang bagus suaranya halus dan konstan engga ngos-ngosan pak atau istilahnya tersendat sendat suaranya.
  • Cek Kondisi Ban, Walaupun bisa dibelikan baru tapi kalau ganti empat ban sekaligus bisa nangis pak dompetnya, atau jika kondisi mobil memang bagus dan minus ban yang tipis bisa buat nego harga pak, siapa tau dapet diskonan yang lumayan bisa buat beli ban baru, dam masih berkemungkinan untung pak.
  • Cek Suspensi, Suspensi ini sebenarnya menyangkut hal kenyamanan saat berkendara dan kondisi stir mobil yang kadang tidak bisa lurus pak jadi bisa diperhatikan kondisi suspensi mobil bekas yang ingin bapak beli, cara ceknya gampang pak saat bapak test drive bisa di lewatin jalan yang agak bergelombang dan jika berayun lebih dari sekali nah itu shockbreaker-nya bermasalah pak, jadi bisa buat bahan pertimbangan.
  • Cek Kampas Rem, Kampas Rem juga perlu dicek pak karena menyangkut keamanan saat berkendara, cara ceknya lihat kampas rem jika masih banyak dan tebal serta tidak berbunyi saat di rem berarti kondisi kampas rem masih bagus.
  •  Cek Transmisi, Nah bagian transmisi juga perlu dicek pak karena biaya perbaikan transmisi rusak itu ga murah hehe, nah caranya bisa lihat bagian bawah gearbox apakah ada rembesan oli jika ada itu ada kebocoran seal gearbox-nya pak. Cara lain bisa lihat kondisi oli transmisi melalui bagian kap mesin depan oli transmisi yang bagus berwarna merah, kalua udah item artinya minta diganti pak.

6. Pastikan Bukan Bekas Laka

Pastikan mobil yang bapak mau beli bukan bekas laka berat, pak. Takutnya bekas rekondisi yang kurang sempurna malah bahaya di jalan. Nah cara ceknya pertama bisa lihat nut mobil apakah besar sebelah atau tidak jika iya bisa bapak tanyakan langsung sama penjual. Selanjutnya warna cat belang, walaupun tidak semua mobil repaint itu bekas laka tetapi hal ini bisa buat bahan pertanyaan kepada penjual tentang mobil tersebut. Yang terakhir pak, cek bagian karet dudukan pintu belakang apakah masih mulus jika masih mulus berarti mobil tersebut masih bagus, caranya tingal dibuka saja pada karet yang melindungi dudukan belakang.

7. Tanyakan Record Service & Test Drive

Jika semua sudah dicek dan merasa yakin bisa langsung tanyakan service record kendaraan tersebut pak buat bahan pertimbanga apakah mobil tersebut selalu di rawat dan di servis. Selanjutnya jika sudah dicek dan ricek bisa langsung test drive untuk merasakan berkendara dengan mobil tersebut, jika semua baik baik saja dan tidak ada keluhan lanjut ke step terakhir pak.

8. Cek Nomor Rangka Dan Mesin

Jangan lupa ya pak ini wajib dicek soalnya meghindari hal hal yang tidak di inginkan dari mobil tersebut, amit amit mobilnya curian atau hasil illegal lainnya, nanti yang kena malah kita juga malah berabe.

 

Nah itu pak, beberapa tips yang bisa saya sampaikan mungkin bisa lihat sumber yang lain karena ini berdasarkan pengalaman pribadi saja, sekedar tips ya pak selalu bawa teman yang paham tentang daleman mobil pak biar ga “ketipu” penjual nakal. Sekian pak, moga bermanfaat yaa pak.

 

 

Ditulis oleh:
Hafidh Ahya
Bacaan 4 menit
Dilihat :
300

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait