Tips Untuk Melatih Anak Bobo Sendiri

Bacaan 2 menit

Memang melatih anak tidur sendiri adalah salah satu hal yang mungkin rumit, pak. Hal ini karena anak bapak sudah terbiasa tidur dengan kedua orang tuanya sejak kecil. Tapi tenang, pak. Ini saya ada beberapa tips biar anak bapak terbiasa tidur sendirian,

Design Kamar Sesuai Fungsi

Maksudnya pak, jangan bikin ruangan kamar seperti ruang bermain. Jangan terlalu banyak mainan yang bikin anak bapak sulit tidur, karena secara naluriahnya anak kecil itu pasti akan berusaha melawan kantuk, beda sama bapak, nyender dikit udah ngorok. Jadi sebisa mungkin bapak buat suasana kamar anak bapak nyaman untuk tidur. Banyak aspek yang bisa bikin kamar anak bapak nyaman seperti lighting, temperatur ruangan, layout kasur dan barang-barang lainnya, dan lain-lain.

Jangan Main di Dalam Kamar

Baiknya semua kegiatan anak selain tidur berada di luar kamar, pak. Biar anak bapak ngerti kalo kamarnya adalah tempat untuk tidur dan beristirahat. Bapak bisa ngasih tau juga ke anak bapak, disaat dia masuk kamarnya, berarti itu waktunya dia untuk tidur.

Beri Sugesti Baik Saat Nemenin Anak Bobo

Coba bapak cari di google tentang "Hypnoparenting Gelombang Theta". Ini adalah saat dimana otak anak bapak sangat mudah menerima sugesti. Bisikan bapak sebelum tidur bisa diserap sempurna sama anak bapak. Disaat inilah bapak bisa jelaskan pentingnya tidur sendiri, dan sugesti lainnya yang berguna untuk anak. Kapan sih gelombang Theta itu ada? Jadi gelombang ini ada disaat anak setengah sadar menuju tidur pulas.

Biarkan Apabila Anak Bapak Kebangun Tengah Malam

Disaat anak nangis saat kebangun di tengah malam dan gaada orang yang nemenin, jangan panik dan langsung ditidurin lagi, pak. Biarkan anak bapak tau ada kondisi itu dan kasih pengertian bahwa gak ada salahnya anak bapak tidur sendirian, baru deh sambil bapak temani tidur lagi. Lama-lama anak akan mengerti. Kalo dirutinin, mungkin akan waktu seminggu, pak. Jangan pas kebangun nangis malah bapak bilang "MANA SINI SETANNYA? BIAR PAPA PUKUL". Atuhlah pak. itu sama aja bapak mengkonfirmasi kalo ada hal menakutkan di kamarnya.

Konsisten dan Gigih

Bapak harus sabar dan konsisten, gak bisa dengan satu kali coba anak bapak langsung bisa tidur sendiri. Bapak mesti perbaiki kekurangannya setiap hari. Contoh, misalnya hari ini anak bapak nangis tengah malam karena ketakutan, tanya apa penyebabnya dan kasih sugesti besoknya pas anak bapak mau tidur bahwa hal yang terjadi kemaren tidak perlu ditakutin. Bapak bisa bilang "meskipun Papa gak ada di kamar kamu, tapi papa selalu dekat, ngawasin dan jagain kamu."

Yang terakhir bapak juga bisa biasakan anak bapak tidur sesuai jamnya. Dicontohin pak, kalo bapak begadang ya anak bapak nanti juga kemungkinan besar bakal niruin, pak. Kurang lebih itu beberapa tips biar anak bapak terbiasa tidur sendirian, kalo ada yang mau ditambahkan, silahkeun pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
108

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait