Yang Bisa Bapak Lakuin Kalo Anak Tantrum di Tempat Umum

25 Aug 2022

Pernah kagak sih pak, pas lagi bawa anak jalan ke mall, trus anaknya minta dibeliin mainan sampe nangis marah-marah kek kesurupan reog? Bapak-bapak yang punya anak balita pasti paham banget rasanya. Dalam teori parenting, kondisi ini namanya tantrum.


Nah, biar bapak tetep kalem ngadepin anak tantrum di depan umum, bapak bisa praktekin tips ini yak!


1. Tetap ada di samping anak, jangan malah ditinggalin

Anak tantrum sebenernya cuma pengen dapet perhatian orang tuanya, makanya usahain ada di deket mereka sampe mereka tenang. Kasih waktu misalnya 15 menit buat nangisnya. Abis itu bapak bisa coba tenangin atau kasih penjelasan logis yang mudah dimengerti si anak. 


2. Tahan, bapak jangan ikutan teriak atau marah

Kalo kata pepatah, api jangan dilawan sama api. Jadi, kalo anak udah mulai teriak-teriak, jangan marahin dia pake suara keras. Yang ada malah bapak bakal dua kali lipat jadi pusat perhatian karena kek ngeliat dua orang berantem di tempat umum. Mendingan bapak tarik nafas dulu. Kasih waktu buat diri sendiri biar agak kalem, baru ngomong sama anaknya. 


3. Pastiin anak kagak ngelakuin sesuatu yang berbahaya

Prinsip simpelnya ngadepin anak tantrum itu, boleh marah, tapi kagak boleh nyakitin diri sendiri atau ngerusak barang. Teriak atau nangis boleh, tapi mukul udah pasti kagak boleh. Prinsip kek begini bisa bapak kasih tau berulang-ulang sama anak pas mereka lagi tenang. Makanya inilah pentingnya bapak tetep dampingin mereka pas lagi kumat tantrumnya.


4. Kasih batasan pake pengingat waktu

Tau ga sih,pak? Ternyata kebanjiran emosi lah yang bertanggung jawab atas tantrum anak. Buat ngebantu mereka kenal sama emosinya, pas anaknya udah agak tenang, bapak bisa tanya misalnya “apa masih marah?” atau “apa masih sedih?” lalu kalo misalnya dia ngerespon, bapak bisa jelasin lagi “10 menit lagi apakah marahnya sudah selesai?” dengan begitu, anak bisa pelan-pelan ngatur waktu buat emosinya sendiri. 


5. Satu frekuensi sama Istri ngadepin anak tantrum

Bapak sama istri kudu sepakat apa aja yang kudu dilakuin pas anak tantrum di depan umum. Jangan satunya udah strict buat kasih waktu ke anak dulu, tapi satunya malah sibuk gendong gegara gak tega. Yang ada malah anaknya makin punya celah buat cari trik lagi ke depan.


Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa bapak lakuin pas anak tantrum di tempat umum. Selamat mencoba, pak!

 

Ditulis oleh:
Nyinya
25 Aug 2022
Dilihat :
28

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait