Yang Bisa Dipelajari Dari Insiden Pemukulan Anjing Oleh Security

Bacaan 2 menit

Belom lama ini ada kejadian viral yang bikin jagat maya rame. Kejadian itu adalah insiden pemukulan anjing K-9 oleh security. Banyak banget netijen, yang komen ina inu mengenai sikap security yang terlihat “memukul” anjing tersebut dalam video. Disclaimer, artikel ini dibuat berdasarkan opini pribadi dan tidak bertujuan untuk menghakimi pihak-pihak yang terlibat, cuman buat refleksi diri aja. Dalam artikel ini saya mau ngasih perspektif mengenai kejadian ini, karena banyak banget yang bisa kita pelajari. Beberapa hal yang bisa dipelajari dari insiden pemukulan anjing K-9 oleh security adalah,

There's Always 2 Side of Story

Setelah beberapa saat videonya viral dan bersirkulasi di jagat maya, banyak reaksi negatif dan kecaman negatif dari netijen. Tapi setelah itu muncullah video klarifikasi oleh mas security ini dengan bukti CCTV. Ternyata mas security ini memukul anjing ini karena anjing K-9 yang ngedampingin dia tiba-tiba menggigit anak kucing yang kebetulan lewat di depannya. Yang bisa dipelajari dari kasus ini adalah selalu ada 2 sisi cerita, sebisa mungkin cari informasi yang valid dan diproses dulu dengan baik sebelum ngambil kesimpulan. 

Kalok kagak bisa ngomong yang bagus baiknya diem aja

Dari video yang beredar, banyak komen yang kagak enak diliat dan dibaca. Emang kalo kagak tau konteks kejadian pasti udah marah atau ngomong yang kaga enak mengenai insiden itu. Sebisa mungkin kontrol amarah, amati situasinya, kalo kagak bisa ngomong yang baik, mendingan diem, pak.

Jangan langsung percaya sama apa yang ada di internet

Jaman sekarang informasi cepet banget beredarnya, pak. Apalagi yang beredar di internet atau media sosial. Sama kayak poin pertama tadi, kalo ada informasi yang beredar, baiknya di cross-check dulu, pak. Jangan langsung ngambil kesimpulan. Kumpulin data sebanyak mungkin, baru ambil kesimpulan. Sama atu lagi, pak. Tolong banget inimah, jangan suka ikut-ikutan, apalagi ikutan komentar jelek kalo bapak belon tau kebenarannya. Dan juga yang mengejutkan lagi, ternyata ada kejanggalan di video yang katanya si anjing itu ngegigit anak kucing. Jadi jangan langsung percaya sama internet, sampe bener-bener ada informasi yang valid.

Mengenal anjing K-9

Setelah saya cari tau mengenai anjing K-9. Ternyata banyak bat jenisnya. Beberapa ras yang biasanya dijadiin anjing K-9 adalah jenis German Shepherd, Belgian Malinois (Belgian Shepherd), Bloodhound, Dutch Shepherd, dan Labrador Retriever. Kenapa dinamain K-9? Karena dia ngambil dari bahasa inggrisnya Canine. FYI aja inimah. Si anjing yang kasus kemarin termasuk ras Belgian Malinois. Secara naluriah, anjing jenis ini sangat waspada sama keadaan sekitarnya, dan juga pemilihan anjing ini mesti milih yang secara fisik bagus dan temperamennya stabil. Sebenernya pendisiplinan dengan memukul anjing itu kagak boleh. Karena nanti jadinya kagak efektif dan counter-productive. Soalnya anjingnya jadi takut dan kehilangan trust ke mas secruitynya. Baiknya emang yang mesti di retraining adalah si anjingnya. 

Itulah beberapa hal yang bisa dipelajari dari insiden pemukulan anjing oleh security yang sempet viral kemarin. Reminder sekali lagi, kalo bisa yang bijak ya warga menggunakan internet. Semoga artikel ini bermangfaat ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
38

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait