Yang Perlu Bapak Pertimbangkan Pas Mau Beliin Anak Mainan

04 Oct 2022

Bapak kalo mau beliin mainan buat anak biasanya ngeliat apanya? Pernah ga sih pak, bapak udah beliin mainan eh sama anak cuma dipake mainan sehari dua hari besoknya si anak udah ga minat? Atau malah mainannya rusak padahal baru sehari doang?

Kan males banget ya pak kalo kayak gini nih. Sayang banget sama duitnya. Jadi sebelum bapak beliin anak mainan segala macam, bapak kudu pertimbangin ini dulu nih: 

  1. Sesuai Sama Umurnya
    Beli mainan sesuai umur anak. Biasanya di mainan tuh ada tulisannya kayak 3+ itu artinya untuk 3 tahun ke atas. Kalo 6+ ya berarti buat 6 tahun ke atas. Kalo tulisannya 1-12 mo ya berarti buat usia 1-12 bulan. Kenapa kudu beli sesuai umurnya? ya biar anaknya bisa mainin dengan aman dan nyaman. Kan kagak seru juga kalo bapak beliin RC tank limited edition buat anak bapak yang masih 8 bulan. Dibanting itu RC pak. Nyesek duitnya yang dipake buat beli.

    Jadi emang aturan usia ditulis di mainan itu biar kagak disalahgunakan, pak. Anak yang belum usia cukup pasti bosen ama mainan yang bukan buat usianya. Terus soal keamanan juga penting. Kalo anak bapak masih usia 4 bulan, jangan kasih mainan yang buat anak 3 tahun ke atas. Soalnya mainan anak 3 tahun ke atas bagiannya kebanyakan kecil-kecil. Khawatirnya nanti dimasukin mulut sama anak dan ketelan. Kan bahaya jadinya. Penting banget buat ngikutin aturan usia di mainan ini ya pak.

  2. Harganya Masuk Budget
    Ini juga poin penting buat dipahami. Mau beli apa pun itu, pastiin sesuai budget ya pak. Sama kayak beliin mainan anak. Sesuaikan sama budget yang ada biar kagak ambyar keuangan keluarga. Kalo lagi pengen beliin anak mainan yang harganya mahal dan budget belum cukup ya nabung dulu. Jangan sampe maksain dan bikin keuangan berantakan.

  3. Faedah Jangka Panjang
    Usahakan cari mainan yang bisa kepake buat waktu lama. Kali aja buat adeknya nanti atau buat dijual lagi. Mainan yang durability nya lama dan kuat itu beneran bisa jadi investasi yang bagus soalnya pak. Tips tempat jual mainan yang durability nya lama bisa di ELC, Toys Kingdom, Kidz Station, dll.

  4. Masih Ada Nilainya Pas Dijual Lagi
    Nah ini kalo bapak ada rencana ngejual lagi mainannya. Apalagi kalo jenis mainannya emang mainan yang kuat dan bisa dipake berulang kayak pikler, perosotan, atau trampolin. Kalo buat kayak gini, bapak bisa mempertimbangkan buat beli dari merk yang terkenal biar kalo dijual lagi tuh masih ada nilainya.

Pertimbangkan juga model mainannya, pak. Misalnya kalo model mainannya tuh udah banyak pasarannya dan rawan palsu, bapak bisa simpen struk pembelian atau kardusnya buat bukti kalo mau dijual lagi. Tapi yang kudu banget dipertimbangin sebelum beli mainan tuh anak, pak. Anaknya mau mainin kagak? Percuma beli mahal-mahal ternyata anaknya lebih suka mainin pulpen laser presentasi bapak.

 

Ditulis oleh:
Girly
04 Oct 2022
Dilihat :
45

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait