Yuk, Quality Time Bersama Orang Tua!

Bacaan 3 menit

Hubungan orang tua dengan anak memang bagusnya dibangun sejak kecil untuk menjalin keterikatan emosi yang baik dan harmonis. Namun, semakin beranjak dewasa, waktu kita bersama orang tua menjadi berkurang. Kita sudah mulai menjalani kehidupan secara mandiri dan memiliki kesibukan lain di luar rumah. Ada sebagian orang juga yang memang canggung bersama orang tuanya, tetapi hubungan seperti itu masih bisa diperbaiki sekarang agar tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ini ada beberapa rekomendasi quality time berdasarkan pengalaman saya, yuk, disimak!


1. Temenin orang tua check up ke rumah sakit, ga cuma nganterin aja

Di usia senja, tentu kondisi kesehatan orang tua kita menurun. Kalo ibu saya, karena beliau sangat aware dengan kondisi kesehatan, saat beliau mulai merasakan keluhan, beliau langsung periksa ke dokter. Nah, berhubung ternyata penyakitnya perlu perawatan intens, jadi setiap bulannya harus kontrol ke dokter spesialis di rumah sakit. Saya manfaatkan momen ini untuk quality time menemani beliau selama proses pendaftaran hingga di ruangan konsul. Jadi biar ga hanya nganterin pulang-pergi, tetapi kita bisa temani orang tua dari proses pendaftaran hingga pengambilan obat, karena nunggu antriannya kan cukup lama, jadi bisa dijadikan momen untuk banyak mengobrol dengan orang tua dan kita juga jadi lebih tau kondisi orang tua sesungguhnya saat menemani di ruang konsul dokter. Karena orang tua pasti ga begitu paham sama beberapa bahasa kesehatan yang dijelaskan dokter, nah, dengan kehadiran kita, bisa lebih paham juga ketika dokter menjelaskan kondisi penyakit orang tua kita dan bisa turut menjaga orang tua dari pengaturan pola makan yang boleh dikonsumsi sampai kondisi lingkungan di rumah. Kan kasian juga kalo kita cuma nganterin doang, nanti orang tua kita bosan karena nunggu lama, lebih baik kita temenin sekalian quality time, pasti orang tua akan merasa senang karena mendapat perhatian dari anaknya.


2. Ajak makan makanan favorit orang tua

Makanan yang dikonsumsi orang tua memang mulai terbatas, misalnya udah ga boleh lagi makan makanan tinggi kolesterol dan yang manis-manis. Tapi menurut saya sih, kalo sesekali aja gapapa, kan kesian juga yak kalo orang tua kita terlalu banyak pantangan. Sekali-kali ajak makan di luar makanan yang lagi dipengenin orang tua atau masak makanan rumahan juga oke. Sambil makan enak, terus ngobrol-ngobrol deh dengerin cerita-cerita dari orang tua kita, duh seneng banget pasti ibu bapak kita. Apalagi sambil ngumpul-ngumpul sama anak cucu.


3. Ngobrol sambil piknik di ruang terbuka hijau

Nah ini kita harus mengaktifkan mode good listener. Orang tua pasti perlu temen ngobrol, apalagi kalo anak-anaknya sudah tinggal terpisah. Biar suasananya ga bosen di rumah lagi, kita bisa ajak orang tua buat piknik-piknik ke taman terdekat atau ruang terbuka hijau. Orang tua pasti senengnya sama suasana yang hijau adem-adem, jadi ini bisa menjadi ide yang menarik untuk ajak beliau. Siapin makanan ringan biar suasana mengobrol semakin asik, walaupun orang tua kita sering ngomongin hal-hal yang udah diceritain sebelumnya, tapi gapapa, sabar, justru itu yang akan selalu kita rindukan nantinya, luangkan waktu untuk menemani dan mendengarkan cerita orang tua kita.


4. Ajak belanja 

Buat ibu-ibu, ini momen yang menyenangkan tentunya. Ajak ibu kita belanja barang kepengenannya atau belanja bulanan. Tawarin orang tua kita pengen belanja apa, ada barang yang lagi dipengenin ga, atau biasanya malah orang tua kita pengen belanja sesuatu buat anak kita, cucunya, gapapa yang penting orang tua seneng dan puas. Momen belanja sambil gandeng tangan orang tua, duh, manis banget!


5. Minta ajarin masak/bercocok tanam

Orang tua akan seneng banget kalo kita minta diajarin sesuatu yang beliau minati. Ibu yang suka masak, pasti seneng pas kita minta diajarin masak sesuatu yang asli dari resep ibu kita. Terus buat yang orang tuanya suka tanaman, bisa minta ajarin cara merawat tanaman, kita buat taman-taman kecil di teras rumah, minta tips dari orang tua kita gimana supaya tumbuhnya subur kayak di rumah orang tua. 


6. Nonton TV/film bioskop

Di waktu luang, kita bisa temenin orang tua nonton tv acara kesukaannya atau ajak nonton bioskop yang genrenya disukai orang tua. Setelah nonton, bisa jadi bahan obrolan yang seru bersama orang tua terkait film atau acara yang barusan ditonton.


Yang terpenting selama quality time ini adalah kehadiran kita. Orang tua pasti selalu merindukan kehadiran anaknya di rumah seperti dulu. Tapi kita yang sudah tumbuh dewasa ini, pasti memiliki kesibukan lain di luar rumah seperti sibuk bekerja, aktivitas sosial, dan terutama yang sudah menikah dan tinggal terpisah pasti sudah fokus dengan keluarga kecilnya. Orang tua pasti selalu merindukan kita sebenernya. Maka, sediakan waktu untuk menemani orang tua agar tidak merasa kesepian dan kehilangan sosok kita. Ingatlah waktu kecil beliau yang selalu menemani melakukan aktivitas pertama kita seperti belajar, masuk sekolah hari pertama, dan antar-jemput kemana kita pergi. Nah, sekarang waktunya kita mengabdi dan melanjutkan bakti kita kepada orang tua, apalagi orang tua yang sudah semakin sepuh.

Ditulis oleh:
Lily of The Valley
Bacaan 3 menit
Dilihat :
302

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait