3 Cara yang Bisa Adik Lakukan buat Menghadapi Overthinking Tiap Malem

Bacaan 2 menit

Setiap orang pasti punya masalah yang berbeda-beda dengan porsi yang sama. Dalam menghadapi masalah-masalah tersebut, semua orang pasti pernah mengalami yang namanya overthinking apalagi tiap malem sebelum tidur. Biasanya pikiran-pikiran berlebih ini muncul saat kita mengalami kecemasan yang membuat pikiran terus-menerus berpikir dan sulit untuk mengambil keputusan. Ada tiga cara yang bisa bantu adik buat menghadapi overthinking yang dateng tiap malem ini.

Berlatih affirmation meditation

Pikiran manusia adalah bagian penyempurna yang Tuhan ciptakan dalam diri manusia. Tinggal bagaimana manusia memeliharanya dan menjaganya agar tetap dipenuhi hal-hal baik. Salah satunya dengan berlatih affirmation meditation. Afirmasi sendiri adalah suatu hal yang diulang-ulang dengan suara keras atau dalam pikiran. Hal ini sangat efektif dilakukan saat adik mulai merasa overthinking karena pikiran-pikiran buruk. Dengan melatih ini yang muncul di kepala adik akan berganti dengan hal-hal positif saja.

Jurnaling

Pikiran-pikiran berlebih di malam hari perlu ditampung supaya tidak membebani keseharian adik nanti. Adik bisa menceritakannya ke keluarga, teman, atau bisa juga dengan menulis. Jurnaling bisa sangat membantu kalau adik merasa apa yang sedang adik cemaskan sifatnya sangat personal sehingga adik bisa membuang semua kekhawatiran yang adik rasakan ke dalam jurnal tersebut. Efeknya juga tidak main-main dik, adik akan merasa lebih ringan saat menjalani hari.

Bersyukur

Banyak bersyukur bukan berarti cepat merasa puas dengan apa yang didapat, tapi bersyukur adalah bentuk penerimaan yang bisa kita lakukan saat mendapat sesuatu sesuai harapan kita ataupun yang belum sesuai. Dengan rasa penerimaan itu, adik bisa lebih tenang untuk memperbaiki dan melakukan hal yang lebih baik kedepannya nanti.

Selama isi pikiran positif, yang akan datang ke diri adik juga hanya hal-hal baik. Rasa cemas sangat wajar dirasakan tapi pastikan adik bisa mengontrolnya agar tidak jadi overthinking.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
245

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait