3 Cara yang Bisa Bapak Lakuin buat Ubah Kebiasaan Buruk

Bacaan 2 menit

Namanya proses pasti gak gampang ya pak, apalagi buat ngilangin kebiasaan buruk yang udah sering dilakuin. Soalnya kebiasaan-kebiasaan tersebut udah jadi rutinitas yang kalo ditinggalin rasanya kayak ada yang ilang dan kurang aja gitu. Otak juga udah punya polanya sendiri karena seringnya bapak ngelakuin kegiatan tersebut. Kalo rutinitasnya baik sih gak napa pak, tapi kalo bikin rugi malah amsyong jadinya. Coba pake tiga cara ini pak biar bisa ilangin kebiasaan buruk tersebut.

Cari gantinya

Kadang walopun niat udah kenceng banget pengen berubah dari kebiasaan buruk, ada aja pemicunya yang bikin bapak buat lakuin lagi. Misal bapak pengen berenti buat ngerokok, niatnya udah kuat banget dah di rumah udah gak pengen ngerokok, di jalan menuju kantor juga gak pengen ngerokok, tapi pas setelah makan siang mulut bapak berasa ada yang kurang aja karena udah kebiasaan setelah makan ya ngerokok. Nah, ini bapak harus bisa cari gantinya, misal diganti sama permen, minuman berasa, atau cemilan yang bisa ngeredain hasrat bapak buat ngerokok.

Cari lingkungan yang bisa bantu bapak jadi lebih baik

Selain faktor dari diri sendiri peran lingkungan bapak juga sangat berpengaruh. Pasti bapak mikirnya, udah bapak-bapak gini nyari temen udah susah, ditambah harus nyari lingkungan yang bisa bantu bapak buat ilangin kebiasaan buruk. Padahal nyari temen dengan lingkungan yang bisa bantu bapak buat keluar dari kebiasaan buruk tuh udah banyak jalannya. Bapak bisa cari komunitas yang punya masalah yang sama kayak bapak sekarang, mau itu di sekitar rumah bapak atau bisa juga cari komunitas lewat social media terus bapak bisa ikut nimbrung biar bisa ikutan meet up dan ngobrol-ngobrol bareng di sana. Kenapa lingkungan yang baik juga penting pak? Karena bapak jadi bisa kebawa lebih baik lagi tanpa disadari.

Kasih hadiah ke diri sendiri

Bapak tau kalo keluar dari kebiasaan buruk tuh gak mudah, untuk itu rasanya gak apa-apa kalo sekali-kali bapak kasih hadiah buat diri sendiri, kalo kebiasaan buruknya udah berhasil bapak ilangin. Misal bapak lagi coba buat olahraga karena badan bapak yang udah berat banget, terus setelah sekian waktu bapak rutin nge-gym ternyata berat badan bapak turun, nah bapak bisa kasih hadiah ke diri sendiri dengan beli alat pijet buat di rumah atau alat olahraga yang lebih ngemudahin bapak buat olahraga di rumah.

Tiga cara tadi keliatan gampang bener ya pak diliatnya, tapi aslinya emang susah dan banyak banget tantangannya. Gak apa-apa pak nikmatin aja prosesnya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
739

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait