3 Tantangan yang Sering Dialamin Orang Tua Pas Mau Negosiasi sama Anak

Bacaan 2 menit

Anak ngelakuin kesalahan tuh wajar banget, tapi yang terpenting orang tua harus mau buat negosiasi, kasih masukan, dan nasehatin anak dalam keadaan bagaimana pun. Karena biasanya bukan cuma dari anak aja halangannya, tapi dari diri sendiri sebagai orang tua.

Emosi

Saat bapak coba buat bernegosiasi sama anak sebenarnya bapak juga harus berusaha untuk tetap dalam emosi yang stabil. Walopun rasanya udah kebakar banget kepala karena kelakuan anak bapak yang kadang bikin suasana makin panas, ditambah keadaan bapak yang lagi mumet sama kerjaan atau ada hal lain yang ganggu pikiran. Tapi pak, namanya anak pasti pan punya 'kelakuan ajaib'-nya masing-masing yak, makanya bapak juga harus lebih bisa kontrol emosi yang ada dalam diri bapak biar bisa fokus selesain masalah anak bapak yang lagi diadepin. Tujuannya biar suasana gak makin runyam dan apa yang bapak sampaikan ke anak bisa diterima dan didenger dengan baik.

Pengulangan

Ada penelitian yang bilang kalo anak laki-laki akan lebih sering mengulang kesalahan dari pada anak perempuan untuk itu bapak perlu memberi nasihat yang berulang pada anak bapak. Emang agak capek dikit pak, tapi pengulangan ini penting bener biar anak bisa terus inget. Ini juga yang bakal bikin bapak atau istri males banget buat negosiasi sama anak, gak apa-apa ya pak, bu, capek bentar buat anak sendiri jangan capek-capek buat nasehatin ya.

Persiapan

Kadang bapak dan istri pasti ada di situasi yang gak tepat rasanya buat negosiasi sama anak, padahal hal-hal yang perlu dinegosiasiin sama anak mesti bapak sampaikan saat itu juga. Nah, otomatis gak ada persiapan khusus gimana cara bapak ngobrol sama mereka dalam hal penyampaian dan emosi yang bapak rasakan, padahal persiapan ini juga gak kalah penting buat dipake pas lagi negosiasi sama anak. Balik lagi pak, bapak kudu tenang dulu dan jangan ngeduluin emosi yang bapak rasain biar kalo bapak gak ada persiapan gini, bisa tetep bisa diterima dengan baik.

Makanya kalo udah jadi orang tua tuh penting bener buat kelola emosi yang dipunya, karena emang pengaruhnya gede apalagi ini nyangkut soal anak juga.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
72

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait