4 Hal yang Harus Dilakukan buat Jadi Pendengar yang Baik

Bacaan 2 menit

Ada beberapa orang yang pada dasarnya lebih suka berbicara ketimbang mendengarkan. Walopun udah dari awal setelan pabriknya bawel dan gak bisa berenti ngomong bahkan jadi dominan pas lagi ngobrol sama orang lain, penting juga loh buat belajar jadi pendengar yang baik apalagi kalo ada orang lain yang memang butuh didengarkan. Beberapa hal ini bisa dipraktekin biar bisa jadi pendengar yang baik.

Hilangkan dulu semua hal yang bisa mengganggu saat mengobrol

Saat ada orang lain yang lagi berusaha buat ngobrol sama kita, perlu banget buat menghindari hal-hal yang bisa ganggu konsentrasi pas lagi ngobrol kayak TV harus dimatikan, headphone harus dilepas, atau berhenti memainkan HP. Selain sebagai tata krama pada lawan bicara, hal ini juga bisa bantu kamu buat tetap fokus ke pembicaraan yang lagi dibahas.

Coba untuk tidak menyela

Kalo tipikal orang yang gatel banget tuh mulut buat ngomong banyak dan nanggepin tiap kalimat yang diucap lawan bicaranya, coba belajar buat cari waktu yang tepat kalo mau bertanya atau menanggapi. Soalnya bakal gak sopan dan kurang enak didengar kalo tiba-tiba menyela pembicaraan orang lain. Biarin orang tersebut bicara apa yang ingin dia bicarakan sampai selesai, abis itu baru deh tanggapi atau kalo bisa, bantu dengan saran.

Tanggapi percakapannya

Setelah lawan bicara selesai bercerita, coba buat menanggapinya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk respon kalo kamu paham sama apa yang lagi dibicarakan. Selain itu juga tanggapan yang kita kasih bisa bikin obrolan semakin dalem dan luas lagi. Buat aja kesimpulan dari apa yang dia ceritain buat ngekonfirmasi ulang perasaan yang lagi dia rasakan. Kalo kamu kehilangan fokus dalam percakapan, jangan sungkan buat menanyakannya atau menceritakan ulang bagian yang sempat teralihkan.

Jangan ngerasa gak enak pas kamu lagi diem mikirin tanggepan yang cocok

Kadang ada momen dimana kamu bingung mau menanggapi cerita lawan bicara kamu seperti apa. Tapi gak masalah kok, kalo kamu butuh waktu berdiam diri buat menentukan tanggapan yang cocok untuk mereka. Soalnya kalo kamu asal-asalan atau ngerasa yang penting ditanggapi tanpa tau respon kamu cocok atau engga, justru nanti bakal bikin lawan bicara kamu kecewa atau terluka. Jadi gak masalah banget kalo kamu perlu waktu berpikir buat menanggapi cerita mereka.

Jadi pendengar yang baik juga banyak keuntungannya. Kamu jadi gak asal bicara sama orang lain, bisa paham situasi dan perasaan orang lain, bisa lebih memperhatikan sekitar, dan gak terburu-buru dalam bicara. Ini juga berlaku buat kamu yang susah buat sosialisasi sama orang baru, semoga berhasil.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
505

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait