5 Bahasa Kasih Sayang yang Bisa Bapak Kasih ke Anak biar Kebahagiaan Mereka Terisi Penuh

Bacaan 2 menit

Biasanya bahasa kasih sayang umumnya dipake buat memperkuat hubungan dengan pasangan, tapi ternyata bahasa kasih sayang ini perlu juga ditunjukkan ke anak-anak supaya energi kebahagiaan mereka terisi penuh.

Kata-kata pendukung atau word of affirmation

Bukan cuma istri bapak aja yang butuh kata-kata pendukung buat bikin mereka bahagia, tapi anak bapak juga butuh. Kata-kata pendukung ini bisa berupa tulisan atau lisan, seperti “kamu hebat banget bisa dapet nilai segini”, “main bolanya jago banget”, “gambarnya ko bisa sebagus ini?” dan lain sebagainya. Kalimat-kalimat seperti tadi ternyata sangat dibutuhkan anak dari orang tuanya karena dengan kata-kata pendukung tadi mereka berpikir apa pun pilihan yang mereka pilih, orang tuanya akan selalu menemani dan mendukung sampai kapan pun.

Waktu berkualitas bersama orang tua atau quality time

Masa anak-anak adalah waktu paling berharga yang sayang banget kalo dilewatin. Makanya, kalo bapak punya waktu luang mending diisi buat quality time bareng anak istri. Selain momen berharga anak gak kelewat, baterei kasih sayang yang anak punya juga keisi penuh dan bikin mereka bahagia. Gak perlu harus selalu seharian juga, pulang kerja luangin waktu bentar sama anak juga gak apa-apa.

Sentuhan fisik atau physical touch

Sebenernya gak semua anak seneng dengan sentuhan fisik atau bahasa kasih sayang lainnya, pasti ada aja dominannya. Tapi bapak sebagai orang tua tetap harus memberikan bahasa kasih sayang lainnya, mau ke anak laki atau perempuan. Sentuhan fisik atau physical touch ini bisa bapak kasih dengan menggendong mereka, membelai rambut, mengusap punggung, dan lainnya yang bisa menunjukkan kasih sayang bapak ke anak.

Pelayanan atau act of service

Biasanya bahasa kasih sayang yang satu ini paling banyak dibutuhin anak laki-laki yang apa-apa serba pengen dilayanin mau sampe usia berapa juga. Makanya gak heran kalo bapak punya anak laki-laki butuh energi yang banyak. Biasanya hal-hal kayak pengen dimandiin, disuapin, atau dimasakkin makanan favoritnya bisa mengisi batrei kasih sayang yang ada dalam diri anak bapak.

Menerima hadiah atau receiving gift

Apresiasi dalam bentuk hadiah juga bisa bapak kasih ke anak. Untuk anak-anak hadiah apa pun mau besar atau kecil kalo orang tua yang memberikan selalu membahagiakan. Bapak bisa apresiasi lewat hal-hal kecil misal, kalo anak mau nurut sama ibunya kasih es krim kesukaan dia atau kalo anak berhasil pede buat tampil di acara sekolahnya bisa kasih mainan yang paling mereka mau.

Kelima bahasa kasih sayang ini ibaratnya kayak isian batrei yang perlu diisi. Kalo kosong bisa-bisa anak ngelakuin hal-hal yang menyimpang pak, jadi usahain kelima hal ini terpenuhi untuk mereka ya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
968

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait