5 Cara Ngurangi Stres dari Pekerjaan Bapak

Bacaan 2 menit

Kita semua pasti bakal menghadapi stres dalam hidup kita. Buat kebanyakan orang, biasanya pekerjaan adalah sumber utama stres. Bos yang kagak asik, jadwal yang kagak realistis, beban kerja yang berat, pengaruhnya kagak cuman memengaruhi produktivitas, tetapi juga kesehatan bapak. Kadang bapak merasa kagak bisa ngapa-ngapain buat mengatasi stres, terus bapak mikir kalo stres nanti pada akhirnya akan membaik ato hilang dengan sendirinya, tapi ternyata bapak bisa berusaha mengurangi stres yang ditimbulkan oleh pekerjaan bapak. Ini saya mau ngasih tau 5 cara ngurangin stres dari pekerjaan bapak

Latihan Tarik Napas (Breathe in, Breathe out)

Pertama-tama bapak coba tarik napas, terus itung sampai empat secara perlahan. Coba dirasain udara yang memasuki paru-paru bapak. Terus coba bapak tahan napas selama empat detik, buang napas pelan-pelan melalui mulut selama empat detik, dan repeat. Ulangi langkah satu hingga tiga, sampe bapak bisa merasa tenang dan damai. Bapak bisa mengulangi latihan ini beberapa kali dalam sehari. Dengan ngelakuin ini bapak bisa merasa lebih rileks dan terkendali.

Dengerin musik

Musik punya peran penting dalam mengurangi stres. Saran saya sih bapak dengerin musik pas lagi jam istirahat atau nyantai di kantor, ato bisa pas lagi bapak break buat pup. Dengerin musik beberapa menit aja bisa nurunin tingkat hormon stres dalam tubuh. Selain itu dengerin musik juga bisa ngatur suasana hati, jadinya bapak kagak terlalu mumet.

Set batasan

Bapak harus bisa nge-set boundaries. Lingkungan kerja hybrid bikin kebiasaan baru dalam konteks kapan jam kerja dimulai dan kapan jam kerja selesai. Kebanyakan orang, mungkin bapak termasuk di dalamnya, bekerja dengan jam kerja yang lebih panjang. Jadinya garis pemisah antara kehidupan personal dan kehidupan kerja menjadi hilang. Bapak harus bisa ngeset waktu kerja bapak dan jam istirahat bapak, misalkan kalo bapak kerja 9 jam sehari, bapak mulai dari jam 8 pagi dan selesai jam 5 sore, bapak bisa naruh jam istirahat yang kebagi jadi 4 diantara waktu tersebut, jadinya tiap beberapa jam kerja, bapak istirahat 15 menit. Ini bisa bapak sesuaikan sama kebutuhan bapak.

Kurangin ngambil kerjaan ekstra

Atuhlah pak, coba berenti ngambil tanggung jawab ekstra yang bener-bener bukan tanggung jawab bapak. Bapak harus belajar bilang engga. Jangan jadi orang gak enakan, pak. Karena kesadaran diri bapak penting banget dalam rangka mengurangi stres. Bapak harus tau batasan bapak dan apa yang secara realistis bisa bapak capai dan kerjakan dalam jangka waktu tertentu.

Manfaatin hari libur dan cuti dengan baik

Menurut peneltian ada data yang menunjukkan kalo 55% karyawan atau pekerja tidak menggunakan semua jatah cutinya. Seringkali pas akhir tahun, bapak mau ngabisin cuti bapak sekaligus. Sebenernya kaga masalah pak, tapi enaknya bapak ngejadwalin jatah cuti bapak setiap triwulan, biar bapak bisa mulihin tenaga dan mengurangi stres dari pekerjaan bapak. Misalkan ketika lagi mumet banget sama kerjaan, bapak bisa rencanain cuti bapak. Kesehatan bapak mahal harganya dan ngeluangin waktu buat mengatasi stres pekerjaan bapak bisa membuat kesehatan mental bapak terjaga.

Jadi itu pak 5 cara ngurangin stres dari pekerjaan bapak, perlu dicatat tingkat efektifitasnya bisa berbeda-beda ke satu orang dengan yang lain. Kalo bapak merasa udah kaga ketolong lagi stresnya, bisa hubungi profesional ya, pak. Inget kesehatan bapak tetep nomer satu.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
52

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait