Hal-Hal Yang Bisa Bapak Lakuin Kalo Marah Sama Istri

23 Sep 2022

Namanya hidup bareng orang lain, pasti ada aja sebelnya, Pak. Namanya juga manusia. Bapak hidup sama istri juga pasti ada aja keselnya. Kalo ga Bapak yang kesel, istri Bapak yang kesel sama Bapak. Haduh.

Meskipun wajar kesel sama istri, tapi tetep kudu di-maintain, Pak. Biar kesel yang kecil-kecil ntu kagak sampe bikin prahara dan masalah yang bikin amsyong.

Nah, kalo saya biasanya pake cara ini, Pak. Kali aja bisa bermanpaat dan cocok juga sama Bapak.

 

1. Sadari kalau bapak marah sama sikapnya, bukan orangnya. Ini penting bener. Kadang pan kalo kesel atau marah, kita suka lupa sebenernya keselnya tuh sama siapa atau sama apa.

Jadi, Bapak mesti sadar dulu kalo Bapak tuh kesel sama sikap istri Bapak, bukan orangnya.

Apa karena istri Bapak lagi moody dan bawel seharian. Atau karena istri Bapak lupa masak masakan paporip Bapak padahal Bapak udah request. Atau karena istri Bapak lebih perhatian sama anak daripada sama Bapak.

Pokoknya hal-hal yang menurut Bapak ngeselin. Dan Bapak mesti inget kalo sama orangnya mah sebenernya Bapak masih cinta. Cinta banget. Cuma lupa aja soalnya Bapak lagi kesel.

 

2. Kasih waktu sejenak ke diri bapak dan istri buat nenangin diri. Ini penting. Sebagai bapak-bapak, rasanya pengen banget langsung marah ke istri. Istilahnya mah fight or flight.

Tapi inget, istri Bapak bukan musuh yang harus dilawan, jadi mending Bapak melipir. Jangan sampe keluar omongan jahat apalagi sikap kasar. Inget, Bapak bukan marah ke istri, tapi sikapnya.

Kadang-kadang, mungkin istri Bapak suka ga sadar kalo Bapak butuh melipir sejenak. Jadi, coba komunikasiin juga ke istri. Bilang kalau Bapak mau menenangkan diri, baru abis itu ngobrol sama istri kalo suasananya udah lebih tenang.

 

3. Jangan membuat keputusan saat bapak marah. Kadang, kalau lagi marah suka ada dorongan buat mengatakan atau melakukan sesuatu yang bisa berdampak fatal.

Keputusan ini gak selalu dalam bentuk hubungan Bapak sama istri, tapi bisa juga hal-hal lain di hidup Bapak.

Waktu saya muda, ibu saya pernah ngasih nasehat yang saya pegang bener. Katanya, "Jangan keluar rumah kalau lagi marah." Dan pas kuliah saya baru sadar kalo nasehat ini bener banget.

Kalo keluar rumah pas marah, kadang kita suka gak bisa mikir jernih. Apa takut dijahatin orang, dimanfaatin orang, atau jadi gak konsen bawa kendaraan. Kan bahaya ya, Pak.

Jadi, usahain bener, sebelnya di rumah aja, ya Pak.

 

4. Setelah tenang, mulai ngobrol dan bahas masalahnya sama istri. Meskipun Bapak udah gak marah lagi, istri Bapak perlu tahu kenapa Bapak marah. 

Dengan ngasih tahu istri, mungkin istri Bapak bisa lebih hati-hati dalam bersikap. Atau bisa berubah pelan-pelan. Kalaupun nggak, Bapak jadi bisa lebih paham alasan atau sudut pandang dari istri Bapak.

Sampeinnya dengan baik ya, Pak. Jangan kaya marahin atau nyalahin istri. Usahakan untuk lebih fokus pada perasaan Bapak atas sikap istri. Kalau cara ngomonginnya bener, yang nerima juga lebih enak, Pak.

 

5. Pastiin istri bapak tahu kalau bapak sayang sama dia, meskipun bapak marah sama sikapnya. Ini penting banget, Pak!

Sering kali, ketika Bapak marah, istri merasa kalau Bapak gak sayang lagi. Jadinya, istri sedih, defensif, atau overthinking. Makanya, Bapak mesti nunjukin kalo Bapak masih sayang istri.

Caranya macem-macem, bisa disesuaikan aja. Bisa sambil ngobrol Bapak peluk sambil usap-usap kepalanya, atau kasih minuman atau makanan setelah ngobrol, atau bisa juga Bapak bilang kalau Bapak cinta banget sama istri Bapak.

quote

Namanya rumah tangga, pasti ada konflik, Pak. Yang ngebedain adalah cara ngadepin konfliknya.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
23 Sep 2022
Dilihat :
63

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait