5 Hal yang Paling Dibutuhkan Anak Laki-Laki dari Seorang Bapak

Bacaan 2 menit

Setiap anak punya peran dan karakternya masing-masing, tapi anak laki-laki tentu punya tanggungjawab yang lebih dalam keluarga. Untuk itu bapak perlu tau sebenarnya apa saja sih yang dibutuhkan anak laki-laki bapak untuk masa depannya.

Life Skills

Anak bapak perlu juga mengasah kemampuan mereka dalam berkomunikasi, berempati, berorganisasi, sampai bertahan hidup. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anak bapak ingin ikut setiap bapak pergi kemanapun. Misal bapak mau service mobil, ke ATM, ke toko bangunan, dan lain sebagainya. Tujuannya biar anak bapak tau tempat tersebut, bagaimana prosesnya, dan apa hasil yang akan didapat setelahnya.

Jawaban ditiap pertanyaan yang mereka tanyakan

Di usia-usia tertentu anak bapak pasti jadi super cerewet dengan pertanyaan-pertanyaan mereka yang harus bapak jawab. Ini menunjukkan kalo anak bapak punya rasa ingin tahu yang tinggi, untuk itu bapak juga perlu menyiapkan alasan-alasan yang tepat saat anak bapak melontarkan pertanyaan-pertanyaannya. Dengan jawaban yang bapak berikan membuat anak lebih bertanggungjawab dengan apa yang mereka lakukan.

Kepercayaan

Setiap anak ingin percaya kalo apa yang diucapkan orang tuanya benar dilakukan juga oleh mereka. Kepercayaan ini yang perlu bapak bangun dengan memberikan contoh pada mereka agar anak bapak meniru hal tersebut dan percaya kalo nasehat yang bapak berikan benar. Dengan begitu anak akan menjadikan bapak sebagai role model yang baik untuk masa depan mereka kelak.

Waktu bersama

Sulit rasanya kalo bapak ingin dekat dengan anak sendiri tapi bapak tidak menyisihkan waktu untuk anak. Padahal melakukan aktivitas atau kegiatan bersama-sama bisa membuat anak bapak lebih enjoy saat bersama bapak. Tidak ada lagi kecanggungan yang membatasi bapak dengan anak nantinya.

Ungkapan kasih sayang

Ungkapan kasih sayang yang bisa bapak berikan untuk anak laki-laki bapak tidak harus dengan kalimat pujian saja, tapi bisa juga dengan memberikan hadiah atau dukungan untuk anak bapak.

Peran orang tua akan selalu dibutuhkan anak di segala kondisi, tapi dengan bapak tau apa yang mereka butuhkan akan mempermudah anak untuk semakin berkembang ke depannya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
339

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait