Hal-hal yang Saya Lakuin biar Tidur Cepet

18 Oct 2022

Gak semua orang bisa tidur cepet dan gampang. Saya juga ngeliat itu di diri saya sendiri, bahkan di temen-temen deket yang kalo tidur gak bisa di bawah jam 9 malem. Banyak faktor juga sih sebenernya yang bikin orang susah banget tidur cepet.

Saya mulai cari cara buat gimana harus bisa tidur cepet dan minimal 8 jam nih. Belakangan ini, saya lagi nerapin hal-hal ini biar bisa tidur cepet.

Jauhin hp sebelum tidur
Stop buka hp sebelum tidur! Coba deh, mulai sekarang kalo udah pengen tidur mending jauhin hp dari badan. Apalagi buat bapak atau adik yang demen banget matiin lampu sebelum tidur. Banyak banget artikel yang bilang kalo cahaya hp itu jadi salah satu penyebab kita susah buat tidur cepet.

Selain cahaya hp yang bikin mata gak cepet lelah, buka sosmed juga bikin saya jadi lupa waktu. Makanya saya coba buat jauhin hp dan aktifin mode silent biar kita jadi lebih cepet tidur. Saya udah mulai nyoba buat jauhin hp sebelum tidur, minimal 15 menitan sebelum saya mau mulai narik selimut nih, pak.

Baca buku sebelum tidur
Beda kaya hp, buku sebelum tidur itu justru malah bikin saya bisa cepet tidur. Tapi, ini mungkin bakal susah buat yang punya kebiasaan matiin lampu dan tidur dalam keadaan gelap. Tapi, bisa diakalin kok. Kalo bapak pengen bikin ngantuk, baca buku dulu sampe mata kerasa lelah, abis itu fokus buat tidur dan langsung matiin lampu ya, pak.

Baca buku apa aja boleh, yang penting sesuai sama selera aja dan cara ini bisa dicoba setiap hari daripada scroll-scroll hp liat berita yang lagi viral. Kalo saya lagi suka baca buku yang temanya agak berat, biasanya bakal cepet berasa ngantuk.

Stop makan sebelum waktu tidur
Saya baru sadar, kebiasaan makan saya sebelum tidur justru malah bikin saya jadi susah buat tidur. Saya harus nurunin makanan dulu karna gak baik abis makan langsung tidur. Dan juga sambil nunggu makanan  turun itu saya malah bisa buka HP lagi.

Udah beberapa bulan saya nerapin kalo mau tidur gak makan. Kalo pun laper, saya coba komit buat makan 2-3 jam sebelum tidur deh. Jadi, mending stop deh kebiasaan buka-buka kulkas pas sebelum tidur.

Mandi malem pake air anget
Mandi malem pake air anget biar bikin kita ngantuk tuh ngefek banget loh pak buat saya. Apalagi kalo pas abis pulang kerja atau olahraga malem. Beehhh seger banget ternyata daripada pake air dingin biasa.

Saya juga baru tau kalo mandi pake air anget malem tuh bisa nurunin suhu tubuh dan ngeredain ketegangan otot setelah kita beraktifitas di siang hari. Jadi, otot-otot yang tegang bisa jadi rileks lagi. Ini juga saya dibilangin kakek saya, katanya badan jadi lebih enteng kalo mandi malem pake air anget. Kalo saya punya bates mandi malem itu, paling malem jam 10 pak. Itu juga pas abis pulang kerja atau abis olahraga. Mandi terlalu larut malam juga gak baik soalnya.

Rileks, tarik nafas dulu
Tidur cepet dan nyenyak itu sebenernya bisa kita atur di otak kita pak. Makanya, rileks dari pernafasan itu bisa jadi kuncinya. Sebenernya, ada banyak cara biar bikin badan bapak rileks. Mandi pake air anget, dengerin musik buat relaksasi, sama mulai nyoba nerapin metode pernapasan 4-7-8 yang saya dapet dari om gugel.

Caranya ternyata gampang. Pas udah ngerebahin badan, coba mulai tutup mulut, tarik nafas lewat hidung 4 hitungan atau 4 detikan. Tahan nafas 7 hitungan. Abis itu, buka mulut dan buang nafas sampe ada bunyi mendesis selama 8 hitungan psssssss.  Teknik ini saya baru nerapin nih pak. Emang berasa ngebantu saya jadi lebih rileks dan ngelepasin beban sebelum tidur, yah walaupun cuman untuk sementara.

Tidur cepet itu kuncinya niat dari diri sendiri pak. Tips dan trik di atas bakal jadi percuma kalo kita sendiri emang gak punya tekad buat ngubah pola tidur jadi lebih baik. Mari terapkan tidur cepat untuk hidup lebih sehat, pak. Karena kesehatan adalah investasi terbesar kita.

 

Ditulis oleh:
Nasuha
18 Oct 2022
Dilihat :
158

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait