5 Ide Main Bareng Anak Biar Gak Bosen Pas Mati Lampu

16 Aug 2022

Nih beberapa ide main yang bisa Bapak cobain bareng anak-anak sambil nunggu listriknya nyala lagi ya Pak.

1. Main tebak bayangan. Ini sih yang paling umum ya Pak. Ya kalo mati lampu, pasti langsung keingetan main bayangan. Dah mana simpel banget lagi caranya. Bapak cuma perlu senter dan tangan bapak aja.

Caranya, arahin senter ke dinding, terus bapak bikin bayangan deh dari tangan bapak. Masih inget kan pak caranya? Abistu, anak bapak suruh tebak deh. Seru bener!

Anak saya suka kikik2 geli dah. Atau minta ajarin bikin bayangan jarinya. Terus dia kesusahan. Terus gantian saya yang kikik2 geli. Kikikikik.

Atau bisa main monster-monsteran yang mau nerkam mangsanya. Seringnya sih bentuk yang dibikin gak jelas, tapi makin ga jelas bentuknya makin seru buat bahan candaan.

2. Main modal jari. Andelan saya kalo lagi boring nunggu sesuatu tanpa harus ribet adalah main ABC 5 dasar.

Itu tuh yang tebak2an berdasar huruf yang didapet dari jumlah jari kita. Temanya bisa macem-macem, misal nama hewan, buah, kota, artis, banyak deh. Sekalian ngajarin anak bapak macem2 nama.

Biar makin seru, yang gak bisa jawab dihukum dicolekin bedak. Nanti pas lampu udah nyala keliatan dah siapa yang paling cemong.

Atau bisa main tak tik boom wer (jitak, klitik, bogem, jewer), bisa juga main suit gunting batu kertas.

3. Main tenda-tendaan. Bisa banget nih manfaatin kolong meja makan yang rada tinggi atau kolong-kolong yang lain. Habis itu ditutupin selimut2 atau kain2. Bisa main sumput2an pake senter.

Lebih enak lagi kalo ada tenda bocah. Di dalem tenda, bapak sambil ngedongengin anak-anak atau saling tuker cerita. Sukur-sukur bisa sampe bikin bocah ketiduran biar gak rewel karena mati lampu

4. Main sambung lagu atau tebak nada. Bapak bisa nunjukkin skill terpendam Bapak di sini. Bisa banget gantian nyanyi sama bocah. Bisa kenalin juga lagu-lagu anak atau lagu daerah ya Pak. Biar heboh, bisa juga ditambahin gerak gerak atraktif.

5. Main harta karun. Ini lumayan sih effortnya, tapi dijamin seru Pak. Jangan lupa minta bantuan istri buat ngelist nama barang-barang yang akan dicari. Karena pasti dia yang paling hapal letaknya pan.

Bapak dan anak bisa jadi kapten atau bajak laut yang bertugas buat nemuin semua list barang itu. Bermodal senter, kita bisa nelusurin seisi rumah. Yaa kejedot jedot dikit gapapa ya Pak, maklum ga keliatan.

 

Semua hal di atas bisa dilakuin kalo bukan pas lagi jam tidur anak ya Pak. Karena kalo udah jam tidur, ide-ide di atas ambyar. Tugas Bapak cuma satu, Ngipasin anak-anak dan ibunya. Hareudang alias gerah pas mati lampu itu ga nahaaan.

 

Ditulis oleh:
Runa Aviena
16 Aug 2022
Dilihat :
38

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait