5 Mindset yang Harus Dimiliki Di Umur 25-an

08 Aug 2022

Kalo bisa balik ke masa lalu, saya pengen banget ngasih tahu hal ini ke saya yang umur 25. Apan tapi kagak bisa ya. Jadi, saya kasih tahu aja ke Adik2. Barangkali ada manfaat yang bisa Adik dapat.

 

Mindset 1: Baca buku itu bukan hobi, tapi keharusan. Mungkin sejak SD adik selalu menganggap teman yang mengisi kolom profil hobinya dengan membaca adalah anak yang rajin. Padahal engga. Kalau adik mau jadi orang orang bener harusnya jadiin baca buku itu sebagai keharusan, bukan hobi.

Kenapa? Baca buku itu penting buat dapetin wawasan yang luas dan ngikutin perkembangan zaman. Masa iya gaya adik sudah ngikutin fashion kekinian ala Citayam Fashion Week tapi isi kepala masih sama seperti 10 tahun lalu?

Mindset 2: Melek dan mulai investasi saat ini juga. Adik pasti tahu cerita soal orang-orang yang dapet rejeki nomplok. Kadang jumlahnya gak main-main. Bisa jutaan bahkan milyaran.

Terus mereka hidup kaya mewah banget. Tapi, gak lama uangnya kaya habis gitu aja. Banyak juga yang gak lama kemudian balik lagi ke kehidupan lamanya yang pas-pasan.

Kenapa bisa begitu? Karena mereka ga punya ilmu investasi dan manajemen keuangan. Kalo kata Pak Robert Kiyosaki, kaya mah gak tentang gimana cara kita ngasilin uang, tapi tentang cara kita mengelola uang.

Mindset 3: Rajin mandi pagi meskipun kerjanya dari rumah. Meskipun adik banyak WFH dibanding WFO-nya, tapi tolonglah. Bukan hanya cashflow adik saja yang harus dibersihkan dari kemiskinan, tapi badan adik juga punya hak untuk dibersihkan dari daki dan noda badan. 

Percaya deh, mandi pagi itu bikin seger dan bisa ningkatin produktivitas. Kalau ga percaya besok pagi pas mau kerja adik cobain, kalau kerjaannya ga jadi produktif silahkan balik ke website ini dan komen tulisan ini.

Mindset 4: Kurangi nongkrong berlebihan kalau memang tongkrongannya ga ngasih manfaat. Teman itu penting, punya banyak temen juga asik bener. Tapi waktu dan masa depan adik jauh lebih penting. Coba deh, Adik mulai pilih-pilih tongkrongan. Sebisa mungkin, kurangi nongkrong yang isinya haha hihi.

Temen itu bisa jadi relasi dan investasi di masa depan. Kalau Adik tahu gimana caranya milih temen dan tongkrongan. Usahain tongkrongan Adik bisa kasih manfaat. Misalnya saran karir, sharing kebaikan, atau hal-hal semacam itu lah.

Hidup di dunia ini ga lama dik, terlalu sayang kalau Adik membuang waktu hanya untuk hahahihi yang ga jelas.

Mindset 5: Lebih dekat dengan Tuhan. Dunia bapak-bapak itu keras dik. Ga cukup hanya modal pintar dan harta doang, tapi juga harus ada modal spiritual. Sekeras apapun dunia yang nanti Adik hadapi, kalau udah ada modal spiritual yang kuatseparo masalah hampir selesai.

Sering kali, yang bikin bapak-bapak bertahan kalau diterjang masalah itu bukan bantuan dari manusia. Tapi justru keyakinan terhadap kuasa Tuhan. Beneran ini mah.

Jadi, jangan lengah sama ibadah harian, rutinin tiap hari. Itu ngebantu spiritual banget. Sama kalau bisa, mulai deh luangin waktu buat belajar agama. Dikit-dikit dulu aja yang penting konsisten. Tempat belajar banyak kok, bisa di Yotutube, kajian-kajian offline, sampai kelas online. 

quote

Waktu tuh cepet bener dah, Dik. Sekarang adik umur 25, gak kerasa ntar udah 30, abis itu 40 tahun aja. Kalo gak dimulai dari sekarang, sayang bener ini mah.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
08 Aug 2022
Dilihat :
38

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait