5 Tips Biar Gak Ngantuk Pas Shalat Jumat

17 Nov 2022

Kayanya hampir semua laki-laki pernah ngantuk pas jumatan ya Pak? Padahal mah sebelum berangkat ke masjid, mata gak ada tuh tanda-tanda ngantuk. Tapi, gatau kenapa mata jadi berat bener pas khatib Jum’at mulai berkhutbah. Berasa ada lemnya. Haduuu

Akhirnya, sepanjang khutbah, cuma fisik Bapak aja yang ada di masjid. Jiwanya mah kaga tau kemana. Padahal mah, shalat jumat sama khutbah ya mesti sepaket. Kalo ngikut sholat doang, tapi kaga denger khutbah pan ga afdhol Pak.

Nah, biar Bapak bisa lebih segar bugar, atau minimal kaga ngantuk pas dengerin khutbah, saya mau berbagi tips nih, Pak...

 

1. Hindari Begadang pada Malam Hari Jika Tidak Ada Hal Penting dan Mendesak

Ini penting, Pak. Apan salah satu sebab ngantuk karena kurang tidur, yak. Jadi, Bapak kudu siapin dari malemnya. Usahain kamis malam tuh Bapak udah tidur sebelum jam 11 malem.

Jadi, paginya Bapak bisa bangun dengan segar bugar dan bahagia. Gak cuma seger pas jumatan, tapi juga semangat dan gak lesu pas ngurusin bisnis atau kerjaan. Kan mantep tuh, Pak. Sekali mendayung, dua tiga mendayung.

 

2. Niatkan untuk Belajar

Sebelum berangkat ke masjid, Bapak niatkan buat belajar dari khatib. Apa pun ilmu yang akan disampaikan, Bapak siap lahir batin buat menerima. Sekalipun mungkin nanti pesan2 yang disampaikan gak sejalan dengan Bapak, tetap didengerin aja.

Dengan adanya niat belajar, biasanya pas kantuk menyerang itu Bapak secara gak sadar akan melawan. Otak memberi sinyal ke tubuh untuk melakukan serangan balik, seperti mengulang-ulang self talk, “Saya segar, saya bugar.”

 

3. Jauhi Tembok Masjid untuk Senderan

Aduh biyung, bahaya bener tembok masjid kalo lagi jumatan. Sebisa mungkin, jangan terlalu dekat sama tembok. Jadi Bapak gak tergoda buat nempel-nempel eh molor. Tiba-tiba khatib udah kelar aja khutbahnya.

Atau malah, Bapak jadi jamaah terakhir yang ninggalin masjid. Itu juga abis ditepok-tepok marbot. Soalnya Bapak asik bener tidurnya. Udah lah ga dapet khutbahnya, malah dapet malu. Pan gak enak ya, Pak? Makanya jauh2 aja dah dari tembok.

 

4. Kepala Tegak dengan Mata Menatap ke Arah Khatib

Udah bagus nih posisi Bapak agak jauh dari tembok. Mantep bener. Makin mantep lagi kalo kepala Bapak dijaga tetep tegak. Usahai mata fokus ke khatib. Jangan sekali2 nunduk, trus sedekap atau nyimpen kepala di lutut. Jangan, Pak!

Karena tanpa Bapak sadari, biasanya abis nunduk Bapak bakal ketiduran dan gak inget apa-apa lagi. Mangkanya, fokus memandang khatib yang sedang berkhutbah aja ya Pak ya.

 

5. Ilmu Baru untuk Penghuni Rumah

Kadang, Bapak mungkin bakal nemu ilmu baru atau hal yang menarik dari khutbah Jum'atnya. Nah, Bapak inget-inget deh. Niatin buat berbagi sama anak istri di rumah. Selain bikin Bapak ga ngantuk pas khutbah, cara ini juga bikin Bapak lebih inget sama materi khutbahnya.

Udah gitu, Bapak juga bisa manfaatin momen sharing ini sebagai momen bonding sama keluarga. Bapak bisa sediain waktu khusus buat sharing keluarga, atau manfaatin waktu pillow talk buat cerita sama istri atau momen main sama anak buat sharing2.

 

Nah, gitu Pak caranya. Sekarang tinggal praktekin aja pas jumatan berikutnya ya, Pak. Aih, mantap bener!

quote

Jumatan pan cuma sekali sepekan, Pak. Pan sayang bener kalo malah ditinggal tidur yak.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
17 Nov 2022
Dilihat :
27

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait