Tips Hidup Low Budget buat Adik-adik Maba (Mahasiswa Baru)

31 Aug 2022

Gimana rasanya jadi mahasiswa dik? Tinggal jauh dari orang tua emang kaya ada tantangan sendiri gitu ya. Apalagi masalah finansial. Makanya, sebagai mahasiswa yang ngekos, keahlian berhemat itu penting banget, dik.

Awal-awal, ngakalin uang jajan biar cukup emang agak2 tricky nih. Nah, biar adik bingungnya gak lama-lama, saya mau share trik hemat yang saya dan temen lakuin pas masih jadi anak kosan.

1. Sering-sering nongkrong di sekre. Tiap organisasi kampus biasanya memiliki sekretariat atau biasa disebut sekre. Bagi banyak mahasiswa, sekre sering juga dianggap kosan kedua.

Nah kalau adek sering nongkrong di sekre, apalagi kalau lagi ada event kampus gitu biasanya bakal sering dapat makanan gratis alias makanan sisa event tadi. Trik ini lumayan banget buat adek agar bisa menghemat belanja bulanan. 

2. Beli rice cooker, karena masak nasi sendiri jauh lebih irit. Daripada beli nasi tiap mau makan, mending adik invest di rice cooker. Gak harus yang mahal, beli aja rice cooker sesuai budget adik.

Kalau dihitung-hitung, masak nasi sendiri dan lauk beli bakal jauh lebih murah. Adik juga bisa beli lauk sekali buat seharian. Kalau masih laper, adik juga bisa langsung nyendok nasi tanpa harus beli nasi lagi. Mantap bener inih.

3. Makan sebelum nongkrong. Biasanya, ada banyak cafe yang asik buat nugas deket kampus. Seringkali, ada aja temen yang ngajakin nugas, rapat, atau sekedar nongkrong di kafe.

Kalau gak diakalin, biaya nongkrong beginian bisa mahal bener. Apalagi kalo adik nongkrongnya pas laper. Makanya, pastiin sebelum nongkrong adik udah makan berat. Jadi nongkrongnya bisa santai dan gak perlu beli makanan di kafe.

4. Selalu bawa tumblr atau botol minum. Ini tujuannya  biar adek ga beli minum terus kalau lagi haus. Lumayankan tiap beli air mineral harganya 3rebu. Kalau dihitung 20 hari adek masuk kampus jadi 60rebu buat minum aja. 

Belum kalau dihitung hari weekend ketika adek ada agenda di kampus. Duit bulanan terkuras cuma karena beli minum doang.

Padahal air minum ini bisa didapetin secara gratis loh. Apalagi kalau di kampus adik emang ada free refill air minum di beberapa spot. Jadi adek tinggal bawa botol minum kosong saja dan ga perlu beli-beli minum lagi.

5. Jumatan di masijd kampus, moga aja ada bagi-bagi makanan. Nah ini tips spesial bapak buat adik-adik mahasiswa. Biasanya masjid kampus itu nyediain yang namanya program “jum’at berkah” atau “nasi baik”.

Intinya sama, ngasih makanan kepada para jamaah soljum. Biasanya agak rebutan sih tapi ya bolehlah untuk menghemat kantong mahasiswa seperti adik yang biasanya di tanggal 20an sudah menjerit-jerit.

 

quote

Sebenernya, berhemat itu bukan cuma soal menghemat uang aja. Tapi juga bikin adik terbiasa hidup sederhana dan nggak gengsian.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
31 Aug 2022
Dilihat :
30

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait