6 Hal yang Bisa Bapak Lakuin dalam Meng-ASI-hi Bersama Istri

01 Nov 2022

Kehadiran anak di dalam keluarga pan gak sim salabim ya, Pak. Ada peran besar Bapak juga di sana. Mangkanya, ngurusnya juga mesti berdua nih. Termasuk saat memberikan ASI kepada anak.

Emang sih, Bapak pan kaga bisa ya ngasih ASI langsung ke anak. Tapi, Bapak tetep bisa berperan dalam proses ini. Segaknya, ada 6 hal yang bisa Bapak lakuin buat ngedukung dan menemani istri saat memberi ASI.

 

1. Dorong Istri Belajar tentang Meng-ASI-hi

Emang sih, memberi ASI tuh salah satu fitrah perempuan. Soalnya pan mau begimana juga ga bisa Bapak yang ngasih ASI yak. Tapi, biar makin mantap, belajar seputar meng-ASI-hi penting banget.

Soalnya, perkara soal memberi ASI nggak ada di sekolahan, Pak. Jadi mesti belajar sendiri. Apalagi kalo ini pertama kalinya Bapak dan istri punya anak. Wajar banget kalo bingung mesti gimana. Makanya, mesti belajar juga seputar meng-ASI-hi ini.

Selain mendorong istri belajar seputar meng-ASI-hi, Bapak juga mesti ikutan belajar. Biar Bapak juga ngerti apa yang jadi kebutuhan anak dan istri selama proses tersebut.

Baiknya sih, belajar tentang meng-ASI-hi ini dilakukan sebelum anak lahir. Tapi kalo anak Bapak udah lahir, gapapa juga. Pan gak ada kata telat buat belajar yak.

 

2. Pijat Oksitosin ke Istri

Selama proses menyusui, kadang-kadang ada masanya ASI istri seret, Pak. Biasanya sih karena stress, capek, atau emang ada masanya aja. Nah, salah satu ASI Booster biar ASI-nya lancar lagi ya dengan pijat oksitosin.

Apalagi, pijat oksitosin ini bisa dibilang salah satu ASI Booster paling murah dan ampuh. Bapak cuma perlu modal minyak-minyakan sama tutorial Yutub.

Ohiya, kalau istri Bapak agak rewel sama bau-bauan, Bapak bisa ganti minyaknya sama lotion. Tanya dulu, istri Bapak suka sama wanginya apa nggak. Biar sama-sama enak dan bahagia, Pak.

 

3. Pijat Relaksasi

Selain pijat oksitosin, ada juga pijat relaksasi. Pijat ini mirip kalau Bapak ke tukang urut yang biasanya buat ilangin pegal-pegal di kaki, tangan, pinggang, punggung, atau leher. 

Nah, Bapak bisa lakukan ini ke istri. Memberikan ASI walau posisinya hanya tiduran tetap melelahkan, Pak. Setelah pijat relaksasi, Bapak bisa tuh lakukan pijat oksitosin ke istri.

Dijamin istri gak merasa sendirian dan kesepian ngurus new born. Kalau istri bahagia kan, Bapak sama anak juga aman sentosa ya, Pak.

 

4. Stok Vitamin D dan Kalsium

Selama hamil, mungkin Bapak udah nyetok vitamin D sama Kalsium. Ternyata vitamin D dan kalsium bukan hanya bagus buat ibu hamil aja, tapi ibu menyusui juga, Pak. Jadi, vitamin D sama Kalsiumnya bisa dilanjutin konsumsinya.

Dengan minum Kalsium secara teratur, kesehatan tulang bisa lebih terjaga. Nah, konsumsi Kalsium juga mesti diimbangin sama vitamin D. Biar penyerapan Kalsium jadi lebih baik. Selain itu, vitamin D juga bisa bantu ngejaga kesehatan rambut, Pak.

 

5. Jajan ASI Booster

Selama istri lagi menyusui, Bapak harus menyediakan cemilan jajanan yang bisa menjadi ASI booster. Sehingga makanan cemilan yang dimakan punya nilai manfaat. Bukan hanya tentang mengisi perut dan memuaskan lidah, tapi juga memenuhi kebutuhan nutrisi juga.

Nah, ini opsi jajanan cemilan yang bisa dijadikan untuk ASI booster: semangka, salad, bubur kacang hijau, susu, yogurt, es krim, granola, ubi, tempe, telur rebus, smoothies, kacang almond, atau mixed nuts.

 

6. Bantu yang Harus Dibantu

Biar keliatannya banyak diam, menyusui tuh ternyata secapek itu. Apalagi kalo rumah berantakan dan Bapak hobi bener minta tolong ini itu ke istri. Bisa-bisa istri jadi stress dan ASI-nya jadi seret.

Demi menjaga kewarasan istri, Bapak dianjurkan buat bantu apa yang harus dibantu. Mulai dari urusan rumah, dapur, masak-memasak, cuci dan gosok, gendong bayi kalau lagi rewel, pakaikan anak pakaian, dan urusan lain.

quote

Gampang banget kan, Pak. Tinggal prakteknya aja nih. Dijamin Bapak langsung jadi suami kecintaan impian istri dah. Uhuyy

Ditulis oleh:
Runa Aviena
01 Nov 2022
Dilihat :
40

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait