7 Jenis Cinta Yang Adik-Adik Harus Pahamin

Bacaan 2 menit

Adik pasti mau membangun cinta yang diidam-idamkan. Berbicara tentang cinta, ternyata kompleks sekali, dik. Berdasarkan teori dari Stenberg Love Model, ternyata ada beberapa jenis cinta. Berikut 7 jenis cinta yang harus adik pahami,

Infatuation

Tergila-gila. Ada alasannya padanan katanya infatuation itu tergila-gila, karena emang adik pas lagi kecintaan gelagatnya kayak orang gila. Di tipe cinta ini, biasanya mereka tertarik karena penampilan fisik, belum terlalu saling mengenal,dan gak punya suatu persamaan, tapi tetep aja memutuskan untuk tetap bersama. Berdasarkan penelitian para ahli psikologi, cinta modelan gini bisa bertransformasi ke jenis cinta yang lebih komplit. Tapi jarang sekali terjadi.

Liking

Cinta modelan ini biasanya terjadi karena ada sebuah persamaan interest, pandangan hidup dan persaan saling mengerti (acieeee, kiw kiw kiw). Enak, dik. Adik bisa jadi diri sendiri kalo kayak gini. Tapi masalahnya, kalo cinta modelan gini passion dan komitmen gak ditumbuhkan dan dirawat. Biasanya mentok jadi sahabat ajaan, gak bisa lebih.

Empty Love

Cinta yang berlandaskan hanya dengan komitmen. Kagak ada intimasi dan passion. Biasanya gegara dijodohin, terus lambat laun jadi cinta. Atau sebelumnya pernah merasakan cinta yang dirasakan "sejati" atau hebat, e tapi kandas. Tapi psikolog bilang, kalo ditambahin gairah, cinta modelan gini bisa meningkat.

Fatuous

Kecintaan sekali ini mah, mereka rela sekali untuk saling berkorban, memperjuangkan apapun bersama, e tapi gak ada intimasi di dalamnya. Mereka gak bisa melihat dan memperlakukan pasangan mereka sebagai teman. Jadi sebatas pasangan aja. Mereka bisa bareng lama, tapi kadar kebahagiaannya relatip banget.

Romantic

Cinta yang bikin kita nyaman untuk berada dekat pasangan, hangat dan saling tertarik satu sama lain, tidak timpang. Tapi sulit sekali menemukan komitmen disini. Pasangan modelan gini, jarang sekali sampai ke jenjang pernikahan, atau pacarannya lama, kagak nikah-nikah. Maju mundur, pas dibahas berantem.

Companionate

Cinta yang bener-bener ngedampingin kita sekali. Karena ada intimasi dan komitmen disini. Dan lebih kuat dari pertemanan dan persahabatan. Tapi ini adalah cinta karena kesepakatan, karena jenis cinta ini tidak memiliki gairah. Ini biasanya terjadi sama pasangan yang udah nikah lama. Kemana-mana berdua, apa-apa ditemenin.

Consummate Love

Satu-satunya cinta yang elemennya paling komplit, ada gairah, emotional intimacy dan komitmen. Iii sedap sekali. Ketiganya gak mesti kadarnya sama, yang penting ada. Jarang bener sih ini modelan gini, tapi kabar baiknya ini bisa diusahain. Dan dalam proses ngebangun cinta ini, mereka jadi bener-bener cinta sama pasangannya. Pernikahannya bisa langgeng dan bahagia banget-bangetan ini mah.

Jenis-cinta

Ini mah sebagai gambaran aja ya, dik. Jadi adik tau dan bisa membangun cinta yang adik idam-idamkan. Dipelajari dahulu ya 7 jenis cinta yang musti adik pahamin ini.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
45

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait