9 Cara Ngatasin Mual di Perjalanan dari Pengalaman 20 Tahun Mabok Kendaraan

16 Aug 2022

Saya kira, mabok kendaraan cuma nimpa orang-orang yang kagak biasa naik mobil aja. Taunya gak juga, Pak. Sampe setua ini, biar kata punya mobil sendiri, tetep aja maboknya kaga ilang.

Tapi... setelah 2 dekade lebih berjibaku sama berbagai macem mobil, akhirnya saya paham begimana mesti gimana.

Nah, sekarang saya mau share ini, kali aja bermanfaat buat bapak, istri, atau anaknya.

1. Jangan makan atau minum dingin. Ini pondasi bener. Sebelum naik mobil, pastiin nggak makan atau minum yang dingin2.

Saya tau, minuman dingin emang enak banget, Pak. Tapi, kalo perut udah dingin gegara minum dingin, trus kena dinginnya AC. Aduuhh... dijamin! Hampir pasti bakal pucet cet cet sepanjang jalan.

2. Jangan makan kekenyangan sebelum berangkat. Selain gak boleh makan minum dingin, bapak juga gak boleh kekenyangan. Berdasar pengalaman saya, makan sepertiga dari porsi normal udah paling mantep. Jadi perut bapak kaga begah.

3. Lindungi area perut biar ga kena AC langsung, bisa pake tas, bantal, atau jaket. Mirip sama poin 1. Fungsinya biar perut bapak gak kedinginan.

Soalnya, kalo perut kedinginan, rawan bener jadi pengen uek uek. Aduh gawat kalo udah begini.

4. Jangan baca buku apalagi HP. Kalo jadi penumpang di perjalanan jauh, emang berasa gabut bener yak. Akhirnya liat2 HP, balesin chat2, terus tiba2 pala bapak udah keliyengan dan nyari kantong kresek. Haduuu...

5. Nyanyi, ngobrol, atau apa aja yang penting bersuara. Nah, biar kaga garing di jalan, bapak bisa nyanyi atau ngobrol, Pak.

Becanda gitu sama keluarga atau lempar tebak2an yang garing banget kaya kerupuk. Tapi ganapa, yang penting nggak mual, ya kan pak?

6. Stand by soda. Kalau udah agak gak enak, minum seteguk2. Tips ini dikasih tau sama temen saya pas masih sekolah. Dan ngaruh banget! 

Tapi minumnya jangan ditenggak ya pak. Dikit2 aja, cuma buat nahan mual. Bukan gimana, gulanya tinggi bener, Pak! Inget kaki, udah nyut2an kan?

7. Lihat pemandangan yang jauh atau lurus ke depan. Ini kalo posisinya bapak penumpang. Hindarin banget liat pemandangan yang deket2. Nanti bapak malah mual.

Kalo emang mau liat pemandangan, usahain cari objek yang cenderung stabil. Kalo perjalanan malem, bapak bisa liat bulan. Liat pemandangan yang jauh atau liat ke depan juga bisa.

8. Posisi badan sebisa mungkin tegak, jangan nyender apalagi ngegelosor. Ini sih pengalaman pribadi aja. Tiap saya nyender atau ngegelosor, udah pasti saya panik nyari plastik.

Tapi kalo posisinya duduk tegak sih, hampir selalu aman, Pak.

9. Tidur aja. Terakhir, yaudah Pak, tidur aja. Udah paling bener ini.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
16 Aug 2022
Dilihat :
28

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait