Adab Berkendara Saat Ujan2an

25 Oct 2022

Seringkali kalau udah ujan2an, jangan cuman sibuk nyelametin barang bawaan sendiri aja, perhatiin juga lingkungan sekitar yg kita lewatin pas berkendara, terutama yg berhubungan sama keselamatan berlalulintas, beberapa hal ini yg pasti sering kita lihat atau malah kita sendiri ngelakuin hal yg sama : 

  • Berhenti buat make jas ujan pas bapak lagi bawa motor, jangan ditempat sembarangan yg malah bikin emosi orang lain yg melintas, misal : dalam terowongan, di bawah jembatan layang, di bawah pohon, apalagi di halaman rumah orang yg lagi dibersihin. Lebih baik berhenti ditempat yg aman & gak mengganggu lalin sebelum hujan turun.

  • Pilih jas ujan model batman tidak direkomendasi, resiko nyangkut di kendaraan lain atau keserimpet di rante lebih besar apalagi kalau kancing nya udah pada brodol, terbang2 deh tuh kayak sayap batman.

  • Siapin sendal atau sepatu buat basah2an, jangan malah bela2in nyeker gara2 takut sepatu kerja nya kebasahan, sefti namber wan pak! Resiko kaki cidera lebih besar kalau gapake alas kaki. Baik itu pas turun dari mobil atau bawa motor.

  • Pelan2 aja pas ngelewatin genangan air, jangan gara2 keingetan jaman kecil suka maen di kubangan nyiprat2in orang laen, langsung maen gaspol. Selain resiko celaka & bikin orang lain emosi, bisa2 bapak tengsin juga gara2 kendaraan bapak mogok ditengah2 genangan.

  • Wajib nyalain lampu utama walaupun masih siang, supaya safety keliatan sama kendaraan lain apalagi kalo ujan super deres & jarak pandang terbatas.

  • Ga usah nyalain lampu hazard, malah bikin bingung yg ngikutin dibelakang bapak, gak ktauan mo belok atau mo pindah jalur nya, berbahaya! 

  • Buru2 tancep gas pas jalanan kosong, jangan pak! Bahaya keilangan traksi kendaraan atau bahasa keren nya aquaplanning sangat mudah terjadi, rawan kecelakaan. Secanggih apapun kendaraan Bapak kalau udah keilangan traksi mah melintir juga.
quote

Inget aja kata2 mutiara kalau ujan itu bawa berkah, bukan bawa musibah ... aamiin.

Ditulis oleh:
Cecep Piston
25 Oct 2022
Dilihat :
184

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait